Menjelang Iduladha, Pupuk Kaltim Bekali Peternak Binaan Terkait Pemeliharaan & Kesehatan Hewan

saranginews.com, BONTANG – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) membantu puluhan pelaku usaha di bidang peternakan dalam mengelola perawatan dan kesehatan hewan ternak.

Hal itu dilakukan untuk menjamin kualitas hewan kurban pada malam Idul Adha tahun 1445 H.

Baca juga: Perbaikan Hutan Kemasyarakatan: Pupuk Kaltim Tanam 1.600 Bibit Pohon di Kawasan IKN

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian Kota Bontang (DKP3) yang menangani aspek peternakan dan produksi vitamin melalui praktek langsung di lapangan.

Wakil Ketua TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada para peternak dan pelaku usaha peternakan di Bontang agar dapat memaksimalkan pemeliharaan dan mendapatkan hewan berkualitas untuk dijual menjelang Idul Adha.

Baca juga: Kasus Investasi Bodong di BTN, Ombudsman Temui OJK, LPS dan Kementerian BUMN

Selain itu, pelatihan juga merupakan salah satu bentuk insentif agar karyawan Pupuk Kaltim dapat memberikan jaminan kepada konsumen terhadap kualitas ternak, mulai dari aspek kesehatan, bobot dan lainnya, sehingga tidak ada yang dirugikan.

Menurut Sugeng, pelaku usaha di bidang peternakan harus peduli terhadap kualitas dan kesehatan hewan sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan karena konsumen tetap menjaga kepercayaan terhadap pelaku usaha.

Baca juga: Pupuk Kaltim Mulai Proses Rekonstruksi Pabrik Tertua

Demikian pula manfaatnya terletak pada pengembangan sektor peternakan yang berkelanjutan. Pengelolaan yang baik juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan stok agar tetap sehat dan selalu terjaga kualitasnya.

“Kami berharap ketentuan ini dapat diterapkan dengan baik oleh para peternak binaan sehingga konsumen yang membeli hewan untuk Idul Fitri bisa mendapatkan hewan yang berkualitas dan kedepannya dapat meningkatkan pengelolaan hewan agar optimal,” kata Sugeng, Selasa. (7/6).

Sugeng menjelaskan Pupuk Kaltim sangat fokus memberikan pembinaan kepada masyarakat di berbagai sektor, misalnya kali ini menyasar para peternak dan pelaku usaha peternakan yang juga dilatih agar bisa terus tumbuh dan berkembang.

“Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus meningkatkan pembangunan dengan merangsang pertumbuhan usaha di masyarakat khususnya di Kota Bontang. Seperti halnya di bidang peternakan, dimulai dari pengembangan keterampilan dan lain-lain sesuai kebutuhan pelaku usaha agar dapat berkembang lebih jauh lagi. tambah Sugen.

Mewakili Pemerintah Kota Bontang, Staf Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial (PMKS) Desa Guntung Mahfud menyampaikan apresiasi kepada Pupuku Kaltim yang telah mendukung peningkatan kapasitas para peternak dan pelaku usaha peternakan sehingga dapat menyediakan hewan berkualitas sesuai kebutuhan masyarakat. . .

Ia mengatakan, permintaan hewan kurban seperti sapi dan kambing tentunya akan sangat tinggi di awal Idul Fitri, sehingga terkadang peternak mengabaikan kualitas dan kesehatan hewan yang dijual.

Oleh karena itu, pemberian pelatihan seperti ini dinilai sangat bermanfaat dan diharapkan dapat berhasil dilaksanakan oleh para peternak dan pengusaha dengan dukungan Pupuk Kaltim sehingga ternak yang dijual benar-benar terjamin kualitas dan kesehatannya.

Salah satu peternak binaan Pupuk Kaltim, Mashudi mengaku kegiatan tersebut sangat bermanfaat sebagai tambahan ilmu untuk menjaga kualitas ternak yang dihasilkan.

“Saya berharap Pupuk Kaltim kembali memberikan pelatihan serupa di kemudian hari agar kita sebagai peternak dapat meningkatkan kemampuan kita dalam mengelola usaha, khususnya dalam hal menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen,” kata Masudi (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *