Pendaftaran CPNS 2024 Dimulai Bulan Ini, 8 Instansi Buka 3.445 Formasi, PPPK? 

saranginews.com, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPEN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pendaftaran CPNS 2024 akan dimulai bulan ini.

Buka Pendaftaran CPNS merupakan jalur resmi menuju Sekolah Band. Terdapat 8 instansi yang menyelenggarakan sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 sarana.

Baca Juga: Menteri Anas Umumkan Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, Penting!

“Pemerintah akan segera memulai tahap seleksi calon Pegawai Negeri Sipil Negara (CASN), CPNS di lingkungan sekolah kedinasan, dan CASN secara umum di berbagai Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (PEMDA).” Menteri Anas di Jakarta, Jumat (3/5).

Ia juga menyampaikan bahwa Kemenpan-RB telah memutuskan untuk menyetujui struktur 8 lembaga penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 struktur pada tahun ini.

Baca Juga: 3 Berita Terbaru Pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK, Berita Terakhir Mengejutkan Anda

Sekolah kedinasan yang akan diberikan alokasi formasi adalah Politeknik Keuangan Negara STAN, Institut Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Informatika Negeri (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara.

Kemudian, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Pemasyarakatan, dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

Baca Juga: Informasi Terbaru Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 dari Menteri Anas, Penting!

Dikatakan juga bahwa alokasi telah diberikan kepada sekolah-sekolah negeri dengan mempertimbangkan tantangan zaman. Misalnya saja di STMKG, dimana kita menghadapi tantangan perubahan iklim.

Juga Politeknik Nasional bidang Siber dan Kripto dimana digitalisasi tidak bisa dihindari sehingga perlu adanya talenta misalnya di bidang keamanan siber.

“Pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini, dan proses koordinasi keputusan pembentukan di seluruh instansi kini sedang berlangsung,” ujarnya.

Menteri Anas juga menyampaikan, selain penerimaan CPNS melalui sekolah kedinasan, pemerintah juga akan membuka rekrutmen CPNS dan PPPK di seluruh Indonesia.

Ia menyatakan rencananya akan membuka pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 pada Juni mendatang.

“Jadi seleksi CPNS jalur sekolah kedinasan dimulai dulu, baru disusul seleksi CPNS jalur umum dan PPPK,” jelasnya.

Ditegaskannya, sekolah kedinasan ini diperuntukkan bagi lulusan SMA dan sederajat.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kempan-RB) telah menyetujui 1,2 juta yang terbagi dalam 427.650 struktur di instansi pusat dan 862.174 struktur di instansi daerah.

Jumlah tersebut merupakan langkah awal untuk memenuhi kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara berkelanjutan. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *