JJU dan Pelindo Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMK Barunawati

saranginews.com, Jakarta – Kelompok Kerja Jurnalis (JJU) Jakarta Utara kembali menyelenggarakan kegiatan “JJ Mengajar” bekerja sama dengan PT Pelindo Regional 2 Tanjung Prik.

Pelatihan jurnalisme bertajuk “Menghubungkan Generasi Muda dengan Dunia Media” akan dilaksanakan pada 19-20 September 2024 di SMK Barunawati, Tanjung Priok.

Baca Juga: Dapat Pelatihan Jurnalistik dari 30 Santri Jurnalis Senior

Sebanyak 20 mahasiswa mengikuti program yang bertujuan untuk mengenalkan dasar-dasar jurnalisme sekaligus meningkatkan literasi digital di kalangan mahasiswa.

Peserta mendapat berbagai materi terkait penulisan naskah berita, teknik pengambilan gambar, dan perkembangan dunia digital.

Baca Juga: AJP 2024 Resmi Dibuka, Pertamina Siap Seleksi Karya Jurnal Terbaik

Selain itu, mereka juga diajarkan cara mencegah penyebaran penipuan dan memperkuat literasi digital di era informasi yang berkembang pesat. 

Materi pertama bertajuk “Asyiknya Menulis Berita” dibawakan oleh dosen dan produser MNC TV Salman, dilanjutkan dengan sesi “Bercerita Melalui Cerita” oleh BTV dan partner Beritasatu.com Gandhi Armancia.

Baca Juga: Mahasiswa Tak Terlindungi Jadi Korban Eksploitasi Seksual

Puncaknya, materi “Ekspektasi Palsu dan Literasi Digital Bagi Mahasiswa” disampaikan oleh Redaksi Warta Kota Tribune Network, Juniento Hamonganong.

Kepala SMK Varunavati, Munawaroh mengaku bangga dengan adanya pelatihan tersebut.

Pelatihan ini membuka cakrawala pengetahuan baru tentang dunia jurnalistik bagi mahasiswa kami,” kata Munawaro dalam keterangan yang diterima saranginews.com, Minggu (22/9).

Ia berharap pelatihan ini dapat terus berlanjut sehingga mahasiswa dapat lebih siap menghadapi dunia media yang dinamis.

Senada dengan Pembina Harian SMK Varunavati dan perwakilan Harian Yayasan Varunavati Astuti menambahkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para siswa.

“Kami berharap anak-anak dapat mengikuti dengan seksama dan mengaplikasikan ilmunya di kemudian hari. Kami berharap kerjasama dengan JJU dan Pelindo ini dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer Sumber Daya Manusia, Hubungan Masyarakat, Kemitraan, dan Bina Lingkungan (KBL) Pelindo Regional T Tanjung Priok Lukman Salamuddin menjelaskan, program tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan.

Ia mengatakan, “Kami berharap kegiatan ini dapat membantu generasi muda untuk cerdas menggunakan media sosial dan memiliki sistem yang lebih baik untuk menjadi jurnalis yang kompeten.”

Ia pun berharap program serupa bisa diterapkan di sekolah lain di sekitar Tanjung Priok.

Dikatakannya, dengan pelatihan ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan jurnalistik dan literasi digital serta menjadi agen perubahan dalam menyebarkan informasi yang akurat dan bermanfaat di masyarakat. (mcr8/jpnn)

Baca artikel lainnya… Kaget Temukan 7 Jenazah di Kali Bekasi, Keluarga Korban Bongkar Sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *