Terima Kunjungan Glen Askew, Pemprov Jateng Tawarkan Investasi Ke Australia

saranginews.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengunjungi kantor Konjen Australia HE Glen Askew pada Selasa (15/10).

Kunjungan tersebut dalam rangka mempererat kerja sama sister state antara Jawa Tengah Australia dan Queensland yang telah terjalin sejak tahun 1991.

Baca Juga: Pemprov Jateng dan DPRD Jateng Gandeng Jaminan Sosial

Nana Sudjana menyambut hangat kemitraan sister state yang diperbarui setiap lima tahun sekali.

Pendidikan dan pelatihan selama kerjasama; berdagang Kesehatan Nana mengatakan berbagai program telah dilaksanakan di berbagai sektor termasuk kebudayaan dan pariwisata.

Baca juga: Pemprov Jateng Perlu Perbanyak Luas Tanam Padi.

Nana berharap kerjasama ini terjalin bahkan dalam bidang investasi.

“Penanaman modal di Jawa Tengah banyak, baik dalam maupun luar negeri. Namun belum di Australia. “Kemungkinan nanti investasi bisa meningkat dari Australia ke Jawa Tengah,” kata Nana.

Ia menjelaskan, banyak kawasan industri yang bisa dikembangkan untuk investasi di Jawa Tengah.

Kawasan Industri Terpadu Batang; Kawasan Industri Wijaya Kusuma di Kota Semarang; Jatengland Demak, Aviarna Semarang Setidaknya ada enam kawasan industri besar di Jawa Tengah, di antaranya Kawasan Industri Batang dan Kawasan Ekonomi Khusus Kendal.

Di sisi lain, Konsul Jenderal Australia HE Glen Askew mengatakan sejauh ini banyak bidang kerja sama antara Jawa Tengah dan Australia.

Askew berharap hubungan Australia dan Jawa Tengah semakin erat dan saling menguntungkan di masa depan.

Diakuinya, Australia belum melakukan investasi di Jawa Tengah. Namun, pemerintah Australia memiliki hubungan dekat dengan Jakarta Law Enforcement Cooperation Center (JCLEC) yang bermarkas di Akademi Kepolisian Semarang.

Ini adalah kemitraan langsung antara Kepolisian Federal Australia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Pendirian pusat pelatihan ini merupakan hasil kerja sama Indonesia-Australia untuk meningkatkan kapasitas penegakan hukum dalam menangani segala kejahatan, khususnya terorisme internasional.

“Perusahaan swasta tidak berinvestasi di Jawa Tengah, tapi pemerintah Australia punya hubungan dekat dengan JCLEC, jadi ini investasi langsung dengan Polri, ini sangat penting bagi pemerintah Australia,” ujarnya.

Biro Kerjasama Daerah dan Sekretaris Kerjasama Daerah Jawa Tengah Betty Wulandari mengatakan kerja sama sister state yang terjalin selama ini membawa banyak manfaat.

Salah satunya adalah peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Jawa Tengah.

Akhir tahun ini, Betty akan bekerja sama dengan pemerintah Jawa Tengah dan Australia. Betty mengatakan ada rencana untuk memperbarui nota restorasi negara bagian antara Queensland.

Pendidikan di Konvensi sosial berdagang investasi, pertanian pembiakan peternakan Ini memiliki 12 tema termasuk pemberdayaan perempuan dan anak serta komunikasi dan informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *