Hadiri Soft Launching Indonesia Toys Paradise, Bea Cukai Tegaskan Dukung Industri Kreatif

saranginews.com, SURABAYA – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea dan Cukai Jawa Timur Untung Basuki menghadiri acara soft launching Indonesia Toys Paradise yang digelar di Hall Paradise Toys Indonesia, Dupak Center, Surabaya pada Kamis (1/8).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Forkopimda, perwakilan TNI-Polri, dan aparat penegak hukum lainnya turut hadir dalam acara ini.

BACA JUGA: Penjelasan Bea Cukai Terkait Aturan Baru Terkait Pembebasan Bea Masuk Impor Benih, Pahami!

Tak hanya masyarakat setempat, peserta dari dalam dan luar negeri pun turut ambil bagian dalam acara ini.

Hardy Pangdani, CEO Tritunggal Abadi Jaya Indonesia dalam sambutannya mengatakan pameran ini akan berlangsung sepanjang tahun dengan menampilkan produk mainan dari produsen dalam dan luar negeri.

BACA JUGA: Bea Cukai dan Bea Cukai Bogor Edukasi Masyarakat PP dan Satpol untuk Kenali Tanda-Tanda Rokok Ilegal

Sementara itu, Kepala Kanwil Bea Cukai dan Dalam Negeri Jatim I Untung Basuki mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini.

“Kegiatan ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah dalam mendukung industri kreatif di Indonesia, khususnya di Jawa Timur,” kata Untung.

BACA JUGA: Bea Cukai Belawan Siap Berikan Pelayanan Terbaik Impor Barang Konsuler AS di Medan

Dia mengatakan, pemerintah memberikan insentif fiskal terhadap barang display yang berasal dari luar negeri dengan syarat barang tersebut diekspor kembali sehingga tidak dikenakan bea masuk dan pajak atas impor (PDRI).

“Selain itu, ada insentif prosedural, dimana kami akan menyiapkan gudang khusus untuk memfasilitasi barang dari bandara atau pelabuhan menuju gudang penyimpanan agar bisa segera dipajang,” jelasnya.

Lokasi penyelenggaraan pameran ikatan (TPPB) yang ditetapkan Kanwil DJBC Jawa Timur I diharapkan mampu mengembangkan perekonomian dengan menarik pembeli dari seluruh Indonesia dan luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura.

Indonesia Toys Paradise diharapkan dapat menjadi ajang promosi yang efektif bagi UMKM industri mainan di Indonesia serta membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak.

“Dengan dukungan penuh pemerintah dan instansi terkait, Indonesia Toys Paradise diharapkan dapat menjadi salah satu pameran terbesar dan terbaik di Asia Tenggara,” kata Untung. (mk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *