Damping UMKM Awards 2024, Danone Indonesia Dorong Pertumbuhan-Inovasi Usaha Kecil

saranginews.com, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional yang diperingati pada 12 Agustus, Danone Indonesia menggandeng Omar Usman Business Park dengan dukungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mempersembahkan Damping UMKM Awards 2024 .

Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk menjaring dan memberi penghargaan kepada UKM terbaik dari seluruh tanah air yang telah berinovasi, berinovasi, menginspirasi dan mempengaruhi serta memamerkan produk-produk mutakhir mereka.

Baca Juga: Danone Indonesia Sukses Raih Tiga Penghargaan Bergengsi di HR Excellence Awards 2024

Mengusung tema “UMKM Berprestasi dan Ciptakan Kolaborasi”, Damping UMKM Awards 2024 merupakan ajang penghargaan pertama yang diselenggarakan oleh Damping, sebuah program yang digagas Danone Indonesia bersama Omar Osman Business Park sejak tahun 2020 yang fokus pada pengembangan UMKM.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Indonesia memiliki 65,5 juta usaha kecil dan menengah.

Baca Juga: Cara Danone Indonesia Menghemat Sumber Daya Air di Cekungan Ayung Bali

Sebagai pilar penting pembangunan, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara.

Sektor UMKM menyumbang 61% atau Rp 9.580 triliun terhadap PDB Indonesia, sedangkan kontribusi UMKM terhadap lapangan kerja mencapai 97% dari total angkatan kerja.

Baca Juga: Kapolres Jember Marah, 5 Anggota Diserang Militan PSHT, Aibda Parmanto Luka Kritis

Pada tahun 2023, Bank Dunia memperkirakan dalam tiga tahun ke depan, perekonomian Indonesia akan tumbuh lebih dari 0,1% per tahun, dan UKM sebagai penggerak perekonomian Indonesia akan meningkat menjadi 83,3 juta pelaku pada tahun 2034.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Danone atas inisiatif yang telah dilaksanakan seperti program Damping Awards 2024 karena telah memberikan insentif bagi pelaku UMKM untuk terus berkembang. Kami berharap para pelaku UMKM yang sudah beranjak dewasa tidak berhenti mengembangkan diri, namun juga mau berbagi dan memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM lainnya, karena berdasarkan data kami, UMKM yang didampingi memiliki peluang sukses yang lebih besar dibandingkan yang tidak didampingi. program pendampingan ini akan membantu pengusaha kecil untuk berkembang, menjadi pengusaha kecil, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Arif Rahman Hakim, Wakil Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masdoki mengatakan pada acara Damping Awards 2024, “Kami berharap bahwa dengan pertumbuhan tersebut akan mampu pelaku usaha mikro dan usaha kecil menengah. perusahaan besar dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan mencapai peristiwa emas di Indonesia.

Sementara itu, Director of External Government and Scientific Affairs Danone Indonesia, Rashmat Hidayat mengatakan, bantalan tersebut merupakan bentuk komitmen Danone Indonesia dalam mendukung UKM lokal untuk berinovasi dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan dengan memberikan akses terhadap sumber daya dan pengetahuan yang kami miliki.

“Hal ini sejalan dengan Danone’s Impact Journey, dimana pengembangan sumber daya manusia merupakan salah satu pilar strategi keberlanjutan perusahaan. Sebagai bentuk pengakuan terhadap UKM yang inovatif dan berprestasi, kami bekerja sama dengan mitra untuk memperluas dukungan kami terhadap UKM Indonesia . penghargaan tersebut mendukung kegiatan UMKM 2024 “Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia, mendorong jiwa kewirausahaan dan meningkatkan daya saing pelaku UMKM di tanah air,” kata Rahmat Hidayat.

Ia percaya bahwa dukungan dan kerja sama lintas sektor yang berkelanjutan adalah kunci untuk menciptakan ekosistem UKM dan kewirausahaan yang kuat dan berkelanjutan.

“Melalui program pendampingan dan ajang penghargaan ini, Danone Indonesia ingin mendukung pertumbuhan ekosistem UKM Indonesia dan melahirkan lebih banyak UKM yang berkinerja tinggi dan berdaya saing. Hal ini adalah bagaimana kita dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” lanjut Rachmat.

Wakil Menteri Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Július mengatakan upaya penguatan UMKM tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun peran seluruh pihak dan pemangku kepentingan sangat penting dan perlu diperluas. .

“Melalui sinergi dan kolaborasi, kita dapat menggerakkan UMKM secara berkelanjutan. Inisiatif yang dilakukan Danone Indonesia melalui program Damping dan Damping UMKM Awards merupakan salah satu contoh nyata bagaimana pihak swasta dapat membantu UMKM lokal untuk naik ke level selanjutnya. mengakui upaya mereka dan memberikan dukungan, mereka harus bersaing di pasar yang lebih luas.

Program Damping telah dilaksanakan secara berkelanjutan selama empat tahun dan mencakup lebih dari 8.900 penerima manfaat dan lebih dari 3.300 UKM dari seluruh Indonesia yang telah mengikuti kursus pendampingan Damping secara intensif.

“Melalui program Damping, kami memberikan pendampingan dan pelatihan kepada usaha kecil dan menengah guna mengembangkan sumber daya manusia dan meningkatkan keterampilannya, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis di era digital. Kegiatan yang kami selenggarakan antara lain pendampingan usaha, webinar, serta edukasi dan pemberian akses pasar melalui digitalisasi Omar Osman Foundation.

Kali ini, sebagai bentuk pengakuan dan dukungan terhadap pertumbuhan usaha kecil dan menengah, Damping menganugerahkan Damping UMKM Awards 2024.

Selain mengakui keunggulan UMKM, penghargaan ini juga membuka peluang bagi UMKM untuk berjejaring dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas lokal.

Damping UMKM Awards 2024 memberikan penghargaan kepada UKM berprestasi dan inovatif dalam beberapa kategori, yakni UKM berdampak positif, UKM Terinovatif, Inkubator UKM Terbaik, dan Pengusaha Muda Inspiratif. Berikut daftar penerima penghargaan UMKM pada masing-masing kategori:

? UKM Berdampak Positif Kategori Kuliner: Labak Sindhu? UMKM memberikan dampak positif pada kategori non masak: Kampoeng Tenun? UKM paling inovatif: Bosteak? Inkubator UMKM Terbaik: Mitos Populer? Pengusaha muda inspiratif: Kalaba Klobo. (nasi/keju)

Baca artikel lainnya… Aqua selalu menjaga kualitas produknya untuk memenuhi standar keamanan pangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *