Koalisi Aspirasi Dorong Penyelenggaraan Pilkada Inklusif

saranginews.com, JAKARTA – Aliansi Masyarakat Sipil untuk Transparansi, Inklusi, dan Demokrasi (Aspirasi Aspirasi) menggalakkan penyelenggaraan pilkada sebagai jembatan pencapaian hak pilih semua pihak. Termasuk mereka yang berisiko mengalami diskriminasi.

“Juga mengukuhkan agenda representasi calon gubernur dan wakil gubernur guna mewujudkan agenda pembangunan yang inklusif terhadap masyarakat,” kata Direktur Eksekutif SETARA Institute, Halili Hassan dalam wawancara video, Jumat (26/7).

Baca Juga: Rena da Frina Ajukan CLTN Jelang Pilkada Bogor 2024

Koalisi Aspirasi terdiri dari SETARA Institute, Transparency International, Aliansi Jurnalis Independen-AJI dan Tulipsdem serta Koalisi Aspirasi Aceh, Sulawesi Selatan dan Jawa Barat. 

Ketiga perwakilan Aliansi Aspirasi dari tiga provinsi tersebut memaparkan agenda pembangunan sosial yang menjamin keterlibatan kelompok rentan dan marginal dalam pembangunan, serta perlindungan terhadap kelompok marginal harus menjadi agenda yang sama.

Baca Juga: Demokrat Ajukan Pencalonan Presiden di 56 Negara Bagian pada Pilkada 2024, Ini Pemenangnya

“Perlindungan kelompok penyandang disabilitas dan perlindungan anak merupakan prestasi yang sangat maju bagi pemerintah daerah, terbukti dengan adanya undang-undang dan program yang menjamin hak-hak mereka,” ujarnya.

Mempromosikan kesetaraan perempuan dan keadilan gender masih merupakan tugas domestik. Sementara itu, menjamin kebebasan kelompok agama dan keyakinan minoritas merupakan isu yang perlu mendapat perhatian lebih mendesak. 

Baca juga: Cheryl Dancil dari BSI Sebut Golkar Ragu Usung RK di Pilkatan Jakarta 2024

“Isu inklusi dan keberagaman gender hanya mendapat sedikit perhatian,” kata Halili.

Dikatakannya, Aliansi Aspirasi telah bekerja selama kurang lebih 1 tahun dengan kegiatan peningkatan kapasitas, pelatihan, dialog kebijakan, perluasan jaringan LSM di daerah, advokasi kebijakan, koordinasi advokasi pada kelompok minoritas, kelompok rentan dan kelompok marginal. 

Peningkatan inklusi sosial yang dilakukan SETARA Institute di 3 provinsi Aceh, Sulawesi Selatan dan Jawa Barat menjangkau 95 organisasi masyarakat sipil, 13 aktivis inklusif, 10 organisasi pemerintah dan 24 bagian kelompok masyarakat sipil. 

Mereka merupakan bagian dari masyarakat sipil dan pemangku kepentingan dalam perkembangan dan agenda Pilkada 2024. 

“Kerja Aliansi Aspirasi diharapkan dapat menjamin terselenggaranya agenda penting pilkada dan inklusi sosial, termasuk dalam debat calon dan agenda calon wakil gubernur serta basis sosial politik daerah. Perencanaan pembangunan,” imbuhnya.

Aliansi Aspirasi Aceh, Sulawesi Selatan, dan Jawa Barat memastikan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUT) atau KIP Aceh akan memasukkan agenda mendorong inklusi sosial dalam debat kandidat. 

Sementara itu, SETARA Institute berencana untuk terus mengadakan pertemuan balai kota atau diskusi terbuka di tiga negara bagian mengenai agenda inklusi sosial. (esy/jpnn) Yuk tonton juga video ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *