KKB Tembaki Pesawat Smart Air

saranginews.com, Jayapura – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Senin (8/7) melepaskan tembakan ke pesawat Smart Air bernomor penerbangan PK-SNH saat hendak mendarat di Lapangan Terbang Sinak, Kabupaten Pankak, Papua Tengah.

Kombes Bayu Suseno, Ketua Satgas Humas Perdamaian Cortez, mengatakan pesawat yang terbang dari Kabupaten Nabir membawa lima penumpang itu ditembak jatuh sekitar pukul 11.40 WIT.

Baca Juga: Anggota KKB tewas ditembak usai melawan saat ditangkap

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan pesawat tetap melakukan boarding dan menurunkan penumpangnya di Sinac, kata Bayu dalam keterangan tertulis, Senin malam.

Dia menjelaskan, tembakan KKB mengenai baling-baling. Namun pesawat berhasil mendarat dengan selamat.

Baca Juga: Anggota KKB yang ditembak TNI/Polri di Paniyai teridentifikasi

Beberapa saat kemudian, sekitar pukul 11.55 WIB, penerbangan kedua NGA Airlines dari Timika mendarat dengan selamat di Sinac, kata Bayu.

“Setelah situasi kondusif, penerbangan Smart Air dan NGA yang sempat tertunda keberangkatannya kembali ke tujuan semula Nabire dan Timika,” ujarnya.

Baca Juga: Jemaat di Jaktim Bentrok soal Sengketa Penggunaan Gereja

KKB Yonif menembaki pos gudang logistik 751/VJS yang kemudian dikembalikan sehingga terjadi baku tembak, kata Bayu.

“Setelah KKB melepaskan tembakan, pasukan gabungan langsung membalas dengan mengejar kelompok tersebut,” kata Combes Bayou.

Menurut dia, belum diketahui secara pasti kelompok mana yang menembaki pesawat atau gudang logistik Yonif 751/VJS tersebut.

“Anggota kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui apakah pelaku yang melepaskan tembakan adalah KKB,” kata Combes Bayou. (antara/jpnn)

Baca artikel lainnya… Pengguna Jalan Layang Simindi Bandung heboh pada Jumat dini hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *