Ini Lho Alasan PKS Ajukan Sohibul Iman Jadi Cagub di Pilkada Jakarta 2024

saranginews.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan nama Wakil Ketua Dewan Syuro partai politiknya, Mohammad Sohibul Iman, sebagai calon Gubernur Daerah Istimewa Jakarta.

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengatakan partai politiknya akan memenangkan Pilkada Jakarta 2024, sehingga ia ingin memperjuangkan pejabat dalam negeri untuk bersaing di Pilkada yang sama.

BACA: Bukan Anies, calon gubernur dukungan PKS di Pilgub Jakarta

“Calon yang kami umumkan adalah Mohamad Sohibul Iman yang saat ini menjabat Wakil Ketua Pengurus Syuro PKS,” kata Mabruri dalam keterangannya, Minggu (23/6).

Pada akhirnya, kata Mabruri, Sohibul adalah sosok yang memiliki integritas, kemampuan, dan pengalaman di organisasi-organisasi penting.

BACA JUGA: Analisa Duo Anies – Ahok atau Bareng Kaesang, Ada Kata Balas Dendam

Saat itu, dia menyebut Sohibul pernah memimpin PKS pada 2015 hingga 2020 dan perolehan suara partai tersebut meningkat di bawah kepemimpinan pria asli Jawa Barat itu.

Menurut PKS, perolehan suara partai tersebut meningkat dari 8,46 juta suara (6,77%) pada tahun 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21%) pada tahun 2019, atau meningkat dari 40 kursi pada tahun 2014 menjadi 50 kursi pada tahun 2019.

BACA JUGA: Kesang Bin Jokowi Ajak Handy Setiono Maju di Pilkada Provinsi Surabaya

Mabruri menilai wajar jika merekomendasikan Sohibul sebagai calon Gubernur Pilkad Jakarta 2024 dengan segala aspek positifnya.

Artinya, beliau telah membuktikan kepemimpinannya dalam membawa PKS ke level baru. “Beliau juga punya sejarah panjang di dunia politik,” ujarnya.

Mabruri mengatakan, Sohibul juga dipandang sebagai kombinasi yang tepat antara birokrat handal dan politisi mumpuni.

Sohibul diketahui pernah bekerja di bidang teknologi di Badan Penelitian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kementerian Riset dan Teknologi RI dan merupakan rektor Universitas Paramadin.

Di sisi lain, Sohibul juga pernah menjadi anggota DPR tiga periode pada 2009-2014, 2014-2019, dan 2024-2029 serta menjabat Wakil Ketua DPR.

“Pak Sohibul Iman adalah sosok yang tepat untuk memimpin Jakarta. “Beliau merupakan kombinasi birokrat yang handal,” kata Mabruri. 

Sebelumnya, PKS mengumumkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta 2024, dengan syarat calon wakil gubernur pendampingnya berasal dari partai politik Oranye Putih.

Presiden PKS Ahmad Syaihu mengatakan sejumlah pengurus partai politik siap bergabung dengan Anies di Jakarta, meski nama-namanya belum dirilis.

“Kami tawarkan kepada Pak Agnes. Dialah yang memutuskan siapa yang akan dia pilih,” ujarnya. (ast/jpnn) Tonton juga video ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *