Nana Sudjana: Harganas jadi Momentum Percepatan Penurunan Stunting di Jateng

saranginews.com – SEMARANG – Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, peringatan Hari Keluarga (Harganas) ke-31 merupakan upaya pengurangan biaya pemasangan stent (tengkes) di wilayahnya.

Nana berkata, “Kami berharap melalui Harganas, hubungan sosial nirlaba dan langkah-langkah untuk mengurangi biaya hiburan akan terus berlanjut. Kami akan bekerja sama.” Nana mengatakan, Harganas di dataran Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang, Minggu (23/6).

BACA JUGA: Penghapusan interferensi serentak di Jateng tembus 1,4 juta

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) serta instansi terkait lainnya, seperti TNI-Polri, serta organisasi masyarakat sipil berupaya bersama-sama melakukan pencegahan dan penanggulangan tengkes. Sebab, jumlah tengkes di Jateng masih 20,8 persen.

Nana menyampaikan, Harganas merupakan upaya mengkaji pentingnya kerja keluarga dalam mengubah budaya bangsa atau generasi muda, sebagaimana tema utama Harganas ke-31 yaitu “Keluarga baik di Indonesia Emas ini”.

BACA JUGA: Kedatangan Perjalanan Haji Rombongan I Embarkasi Solo Diterima Pj Gubernur Jawa Tengah.

“Harganas tujuannya adalah untuk terus menjaga keluarga, mencintai keluarga. Setiap keluarga harus menjadi keluarga yang bahagia. Keluarga merupakan langkah penting dalam penerapan (buku) karakter negara,” ujarnya.

Family fun trip ini diikuti sekitar 5.000 orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua yang membawa anak-anaknya. Termasuk juga peserta di instansi pemerintahan di Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA: Terima kasih atas bantuan pompa air, Nana Sudjana: Menyiram taman di Klaten saja sudah cukup.

Jalur Rekreasi Keluarga berjarak sekitar tiga mil. Dimulai dari Alun-Alun Gubernur, melintasi Jalan Pahlawan, Jalan Sriwijaya, Jalan Singosari Raya, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Kusumawardani, Jalan Pahlawan, dan berakhir di pintu gerbang gubernur. Nana menjelaskan, “Perjalanan seru ini melibatkan Harganas 2024 di Provinsi Jawa Tengah.”

Selain jalan-jalan bersama keluarga, rangkaian acara memperingati Harganas ke-31 Provinsi Jawa Tengah juga dimeriahkan dengan acara yang digelar di dua tempat berbeda.

Pertama di Purwokerto datang peserta dari kantor pertama Banyumas, Pekalongan dan Kedu. Kedua, dilaksanakan di Jepara, dihadiri oleh peserta kantor pertama, Semarang dan Solo. “Antusiasme yang tinggi dari para peserta acara tersebut,” kata Nana.

Di HUT Harganas juga diadakan program KB, donor darah, dan lain-lain di banyak institusi. Rencananya Rapat Harganas akan digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 29 Juni 2024 di Kota Semarang. (*/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *