Berbaur dengan Masyarakat, Presiden Jokowi dan Penjabat Gubernur Jateng Salat Iduladha di Semarang

saranginews.com, Semarang – Ibamba (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana salat Idul Adha bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kawasan Simpanglima Kota Semarang, Senin 17 Juni 2024.

Saat salat Idul Adha, Nana Sudjana dan Jokowi berada di depan.

Baca Juga: Idul Adha 2024, Polda Riau menyembelih 52 hewan kurban

Di sepanjang jalur tersebut turut hadir pejabat lain seperti Menteri PUPR, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng, Kajati Jateng, Cabinda, dan Sekda Jateng Sumerno. Sementara Iriana Jokowi dan Shinta Nana Sudjana masuk dalam daftar perempuan Wali Kota Semarang.

Salat Idul Adha di Simpanglima berlangsung megah dan tertib. KH Zainuri Ahmad, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Quraani Semarang yang bertugas sebagai imam salat, sedangkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hashim Asyari ditunjuk sebagai kepala sekolah.

Baca Juga: Idul Adha, Pemprov Sumsel Gelar Gerakan Kurban, 16.000 Hewan Kurban Dibunuh

Usai salat, Jokowi didampingi Nana Sudjana menyapa massa. Keduanya kemudian secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada Panitia Kurban Masjid Raya Baiturrahman, Semarang.

Jokowi berkorban sebagai sapi Simmental. Seekor sapi memiliki berat sekitar 1.250 kg.

Baca Juga: Hadiri Sholat Idul Fitri di Lapangan Gasibu Bandung, Ini Penjelasan Idul Adha dari Menteri Suharso

Rencananya sapi kurban Jokowi akan disembelih pada Selasa, 18 Juni 2024 di Islamic Center.

“Kita mendapat tanggung jawab dari Presiden untuk menyembelih sapi dan mendistribusikannya. Ini pertama kalinya menyembelih sapi berukuran besar,” kata Ketua Yayasan Masjid Baiturrahman Ahmed Darodji usai Jokowi menerima simbolis kurban sapi.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana tahun ini telah menyumbangkan dua ekor sapi. Yakni seekor sapi bernama Mangala seberat 832 kg yang diberikan kepada Panitia Kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Satu lagi bernama Sambara dengan bobot hidup 775 kg disumbangkan ke Panitia Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang.

Saat ini, penyembelihan sapi kurban Pj Gubernur Jawa Tengah berada di Islamic Center Semarang. Penyembelihan sapi juga direncanakan pada Selasa 18 Juni 2024.

“(Seluruh daging kurban) akan dibagikan kepada lebih dari seribu orang. Termasuk anak-anak yatim piatu yang akan kita bagikan langsung, dan ada pula yang akan mengambilnya sendiri (diganti dengan kupon Baiturrahman),” Darodji (jpnn) Video Pilihan Editor Jam tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *