Cerita Nasabah PNM Sukses Bikin Inovasi Olahan Bunga Mawar

saranginews.com, JAKARTA – Asih Widiyani merupakan salah satu nasabah PNM yang mampu membuat produk baru dari olahan bunga.

Siapa sangka bunga yang menjadi simbol cinta dan terkenal dengan keindahan serta keharumannya ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia? 

BACA LEBIH LANJUT: Dengan menerima Penghargaan BIA Special 2024, PNM berkomitmen meraih keunggulan

Berdasarkan minat dan banyaknya petani mawar di desanya yang tidak mampu menjual bunga saat musim mahal hingga akhirnya gulung tikar, Asih pun bertekad menciptakan varietas olahan bunga baru.

Mengikuti arahan program Pembinaan Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), Asih menciptakan produk-produk baru berbahan dasar bunga mawar mulai dari makanan ringan hingga minuman.

BACA JUGA: Kisah Sukses Elly, Nasabah PNM Mekaar yang Memulai Bisnis Nastar Semanggi

“Saya membuat semuanya, mulai dari batang mawar, air mawar, hingga keripik mawar. “Awalnya susah cari rasa yang pas, saya coba beberapa kali sampai ada yang bilang enak, lalu saya jual,” kata Asih.

Produk merek Kwt Gimbal Rejeki banyak digunakan oleh Kota Kediri dan kantor pemerintahan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan.

“Mereka tertarik karena katanya produk saya unik, bisa dipesan terlebih dahulu dan saya juga berjualan online,” ujarnya.

Diakui Asih, berkat pelatihan rutin, kini ia memiliki keterampilan dalam memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan WhatsApp untuk berjualan. 

Asih yakin, pelayanan yang diberikan PNM sangat membantunya dalam memperoleh modal usaha dan dukungan sehingga bunga yang ditata dengan baik dapat memberikan nilai tambah bagi kawasan sekitarnya.

“Berkat Mekaar, saya mendapat modal awal untuk memulai bisnis bunga mawar ini tanpa agunan apa pun,” tambah Asih.

PNM Mekaar adalah layanan pinjaman bagi perempuan kurang mampu dalam usaha kecil yang didirikan pada tahun 2015.

Pada dasarnya, nasabah PNM Mekaar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan usaha, namun terbatasnya akses terhadap modal kerja menyebabkan keterampilan usaha mereka tidak dimanfaatkan.

PNM melakukan pendekatan kolaboratif dengan seluruh anggota kelompok, yang dirancang untuk menutup kesenjangan pendapatan sehingga klien dapat memulai bisnis untuk mencapai tujuan mereka dan menghidupi keluarga mereka.

Manfaat yang diberikan PNM melalui layanan PNM Mekaar secara umum meliputi peningkatan pengelolaan keuangan, penyediaan modal tanpa agunan, peningkatan budaya menabung, keterampilan kewirausahaan dan pengembangan usaha (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *