Kolaborasi Antarinstansi jadi Kunci Sukses UMKM Naik Kelas

saranginews.com, BANTEN – Bea Cukai bersama Kementerian Keuangan Banten turut serta dalam Karya Kreatif Banten (KKB) dan Digiwara Fun Fest.

Mengusung tema Inovasi, Digitalisasi, dan Kolaborasi Menuju Banten yang Unggul, Mandiri, dan Sejahtera, Bea dan Cukai bertujuan membantu UKM agar produknya tidak terkena larangan dan pembatasan ekspor.

BACA JUGA: Bea Cukai Batam menindak penyelundupan suku cadang bekas Harley Davidson dari luar negeri.

“Aturan ini mungkin berbeda di Indonesia dan negara-negara berorientasi ekspor. “Jika aturan ini dipatuhi, maka tidak akan ada masalah saat pengiriman barang ke negara tujuan,” kata Ensep Dudi Ginanjar, Kepala Subdirektorat Humas dan Perluasan Pelayanan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh MCO binaan Kementerian Keuangan Banten antara lain LaSambal Jowma, Cokelatin, Saripati Laer dan Lewi’s Organics Factory.

BACA JUGA: Bea Cukai Magelang Musnahkan BKC Ilegal Senilai Rp 4 Miliar dengan Cara Dibakar

Kementerian Keuangan Provinsi Banten melalui Satgas UMKM mengembangkan interaksi dan kerja sama dengan berbagai pihak terutama dalam mendorong pertumbuhan dan pemasaran produk UMKM agar dapat mengekspor produknya.

Sinergi dan promosi ekspor dilakukan Bea Cukai Sulsel dan Bea Cukai Makassar.

BACA JUGA: Ini Tujuan Kunjungan Bea dan Cukai ke Perusahaan Tembakau di Bogor.

Kegiatan promosi ekspor yang dilaksanakan dalam kegiatan Next Level Ekspor ini meliputi beberapa kegiatan menarik seperti Talk Show UMKM Malino Bisa Ekspor, Pengenalan dan Kurasi Produk UMKM Malino serta Kunjungan Industri Rumah Tangga UMKM.

Selain Bea dan Cukai, Bank Mandiri Regional Sulawesi dan Maluku juga turut serta dalam upaya tersebut.

Melalui program ini, Bea Cukai dan Bank Mandiri berharap dapat meningkatkan ekspor produk lokal Sulsel, serta memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan potensi perekonomian daerah lebih luas.

Berkat bantuan yang serba bisa, NAK dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki, meningkatkan daya saing, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

“Dengan demikian, peran antarlembaga, khususnya bea dan cukai, memegang peranan penting dalam transformasi usaha kecil dan menengah menjadi badan usaha yang kuat dan kompetitif di pasar dunia,” rangkum Yentsep. (Jepang)

BACA ARTIKEL LEBIH LANJUT… Bea dan Cukai berdiskusi tentang perdagangan internasional dengan mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *