Tanggapan Pelatih Persib Bojan Hodak Soal Turnamen Pramusim: Ini Melelahkan

saranginews.com – Beberapa tim peserta Liga I dikabarkan akan mengikuti Piala Presiden 2024 pada turnamen pramusim, kepercayaan diri terhadap turnamen tersebut dibenarkan oleh Direktur PT League Indonesia Baru (LIB) Parom Paulus. 

Tur pramusim ini bertujuan untuk melihat dan mematangkan persiapan skuad jelang musim baru Ligue 1 yang dimulai Agustus 2024.

BACA JUGA: Boyan Hodak Blak-blakan Soal Robert Albert Menjadi CTO Persib

Hingga saat ini, PT LIB belum merilis informasi resmi mengenai jadwal Piala Presiden.

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak punya visi berbeda untuk turnamen pramusim.

BACA SEMUA: Jelang Musim Baru, Persib dan Boyan Khodak Sudah Siapkan Rencana, Apa Saja?

Piala Presiden dinilai perlu digelar. tapi kamu harus mengikuti perkembangan zaman.

Jika turnamen pramusim dilangsungkan pada Juni mendatang, tim tidak akan bisa berbuat banyak.

BACA SEMUA: Boyan Khodak Beri Kode Soal Skuad Persib Musim Depan

Pasalnya seluruh pemain dan staf pelatih sedang berlibur setelah jadwal panjang dan teratur serta rangkaian Kejuaraan Liga 2023/2024.

Usai degradasi Persib ke Ligue 1 pada 31 Mei 2024, Hodak memberikan istirahat panjang kepada para pemainnya. Tim Persib dijadwalkan berkumpul kembali di Bandung pada awal Juli.

“Kami membutuhkan turnamen pramusim, tapi kapan itu akan terjadi karena kami tidak bisa berbuat apa-apa di bulan Juni,” kata Hodak, Selasa (11/06/2024).

Menurutnya mengikuti Liga 1 sangat melelahkan bagi dirinya dan para pemain. Pasalnya kompetisi tersebut berlangsung hampir setahun.

Pertandingan musim reguler selama 34 minggu, ditambah empat tim memasuki babak playoff Seri Kejuaraan dengan empat pertandingan kandang dan tandang.

“Musim lalu sangat panjang, setahun lebih dan saya tidak biasa mendengar di negara lain durasi kompetisinya lebih dari setahun,” jelasnya.

Menurut Bogan, durasi League One memberikan dampak buruk bagi para pemain. Istirahat singkat di antara pertandingan membuat pemain lelah dan menyebabkan cedera.

Salah satu tim yang menjadi korban adalah Samarinda Borneo FC. Juara bertahan seri itu harus kehilangan gelar juara dan harus puas di posisi ketiga.

“Makanya di liga banyak pemainnya yang cedera, apalagi di babak kedua, seperti di Kalimantan, banyak pemainnya yang cedera karena kelelahan. Jadi empat tim teratas di liga itu ada tambahan pertandingan dalam sebulan”, dia menjelaskan.

Hodak juga tidak setuju apakah turnamen pramusim tetap digelar pada Juni.

“Tentu saja tubuh manusia ada batasnya. Jadi semua butuh istirahat, semua butuh istirahat, jadi pemain kita butuh liburan di bulan Juli sebelum latihan dan kompetisi dimulai, ujarnya (mcr27/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *