Waspada Hujan dan Petir Hari Ini

saranginews.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini pada Senin (6 Oktober) potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

BMKG menyebutkan, cuaca ekstrem saat ini bisa berdampak pada sebagian besar wilayah Indonesia.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca BMKG: Sejumlah kota besar akan diguyur hujan dan kilat hari ini

Berdasarkan laman resmi BMKG, wilayah yang berpotensi terdampak serangan tersebut antara lain Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka-Belitung, Banten, Jawa Tengah, dan Bali.

Kemudian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BACA JUGA: Cuaca Hari Ini, BMKG: Potensi Tumbuhnya Awan Hujan

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, timnya menemukan potensi curah hujan masih tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia setidaknya hingga September, meski musim kemarau juga sudah dimulai.

Hal ini terjadi karena beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di Indonesia, fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby dan Kelvin khatulistiwa serta pola sirkulasi siklon, serta kemungkinan terbentuknya daerah berputar dan perlambatan angin.

Kondisi ini berpotensi menimbulkan kejadian cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, banjir lahar, tanah longsor, dan lain-lain, padahal Indonesia akan dilanda musim kemarau pada waktu yang bersamaan, yaitu pada bulan Juni hingga September 2024.

Untuk itu, BMKG juga meminta masyarakat untuk selalu mengupdate informasi melalui saluran informasi resmi BMKG dan menghindari laporan palsu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *