Di Hadapan Mahasiswa, Bea Cukai Bahas Perdagangan Internasional

saranginews.com, JAKARTA – Bea dan Cukai melalui unit vertikalnya, Bea Cukai Teluk Bayur dan Bea Cukai Bojonegoro menggelar kuliah umum di Universitas Negeri Padang dan Universitas Bojonegoro.

Kegiatan ini dilakukan untuk menambah pengetahuan mahasiswa mengenai pentingnya perdagangan internasional bagi Indonesia.

BACA JUGA: Bea Cukai DKI Jakarta dan BNNP Berantas Narkoba

Diketahui bahwa perdagangan internasional merupakan salah satu penopang penting perekonomian Indonesia karena dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Encep Dudi Ginanjar, Wakil Direktur Humas dan Penjangkauan Kepabeanan, mengatakan pihaknya memiliki peran penting dalam menjaga kelancaran perdagangan internasional Indonesia.

BACA JUGA: Pelatihan Bea dan Cukai dalam Orientasi Pra Keberangkatan bagi Calon PMI

Melalui pelaksanaan peran dan fungsinya yaitu fasilitator perdagangan dan dukungan industri, badan ini berperan penting dalam mendukung keberlanjutan perusahaan perdagangan internasional.

“Peran inilah yang harus dibiasakan oleh mahasiswa untuk membantu operasional Bea dan Cukai serta memahami peraturan Bea dan Cukai di masyarakat,” kata Encep.

BACA JUGA: Di atas, bea cukai menggagalkan 2 penyelundupan rokok ilegal di perairan Aceh

Dikatakannya, di Universitas Negeri Padang, petugas bea dan pajak Teluk Bayur berkesempatan mengikuti acara pelatihan mahasiswa dan kuliah umum bertajuk “Sosialisasi dan Peningkatan Kapasitas Ekspor, Impor dan Pajak” pada Senin (3/6).

Mahasiswa mendapat materi tentang pelaku perdagangan internasional, arus ekspor dan impor serta tata cara kepabeanan yang berlaku.

“Untuk memasuki bidang perdagangan internasional, kita harus memahami terlebih dahulu alur impor-ekspor dan jenis-jenis dokumen yang diperlukan. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menambah pemahaman mahasiswa mengenai bea dan cukai khususnya arus ekspor dan impor, serta sebagai pembekalan mahasiswa dalam memasuki perdagangan internasional,” kata Encep.

Selain Bea Cukai Teluk Bayur, kantor bea cukai lain yang menyelenggarakan kuliah umum perdagangan internasional adalah Bea Cukai Bojonegoro.

Kantor layanan ini mendapat undangan dari Universitas Bojonegoro untuk memberikan kuliah kepada praktisi pada mata kuliah Hukum Perdagangan Internasional dengan materi tentang perdagangan internasional.

Encep menyampaikan, dalam pemaparan pihak Bea dan Cukai Bojonegoro dalam kegiatan ini, mereka memberikan gambaran mengenai tugas dan fungsi Bea dan Cukai serta pengenalan konsep dasar kepabeanan dan cukai.

Tak ketinggalan, para pelajar juga diberikan edukasi dan gambaran mengenai perkembangan terkini khususnya terkait impor, baik melalui barang kiriman dari luar negeri maupun barang bawaan penumpang.

“Mahasiswa harus memahami bahwa perdagangan internasional merupakan salah satu elemen penting dalam proses globalisasi. Membuka perdagangan dengan berbagai negara di dunia akan membawa manfaat dan membawa pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia. Oleh karena itu, Bea dan Cukai perlu menerapkan fasilitator perdagangannya. bea cukai “Indonesia Segala hambatan yang mengganggu perdagangan internasional juga memperkuat peran dukungan industri untuk meningkatkan tingkat investasi dalam negeri dan menopang perekonomian nasional,” tutup Encep (jpnn).

BACA ARTIKEL LAGI… Bea Cukai di Cikarang musnahkan 4,4 juta batang rokok ilegal senilai Rp 2,1 juta, Simak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *