Formasi CPNS 2024 di Kementerian Ini Jauh Lebih Banyak Dibanding PPPK

saranginews.com – JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengajukan persetujuan pembentukan CPNS 2024 dan PPPK 2024 di lingkup Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Total formasi CPNS dan PPPK Kementerian Pertahanan tahun 2024 sebanyak 25.258 orang.

BACA JUGA: Ada informasi P1 akan digantikan pekerja non-ASN di PPPK 2024, kata KemenPAN-RB 

Dari jumlah tersebut, formasi CPNS 2024 di Kementerian Pertahanan lebih banyak dibandingkan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Formasi yang dibentuk ini diyakini akan memperkuat upaya Kementerian Pertahanan dalam memberdayakan pembangunan negara dari sisi pertahanan.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024: Berita Formasi Terbaru Lulusan SMA

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan formasi yang ditetapkan terdiri dari Anggota Teknis CPNS sebanyak 13.687 orang dan Anggota CPNS Kesehatan sebanyak 4.597 orang.

Selain itu, pembentukan Anggota Teknis PPPK sebanyak 3.200 orang dan Anggota PPPK Kesehatan sebanyak 3.774 orang.

BACA JUGA: Lolos PPPK 2023 Tanpa NIP, Tahun Ini Diminta Ikuti Tes Lagi

Keputusan penetapan formasi tersebut disampaikan Menteri Anas kepada Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra di Jakarta, Jumat (7/6).

“Sebelumnya Wamenhan menjelaskan bagaimana keberhasilan Kemhan berdampak pada reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja. Dan saat ini kita juga melihat adanya perbaikan signifikan pada beberapa indikator kinerja Kemhan. Pertahanan tentu kita ucapkan selamat,” kata Menteri Anas dikutip dari keterangan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi.

Lebih lanjut Anas menjelaskan, sesuai instruksi Presiden Jokowi, salah satu arah kebijakan CASN tahun 2024 adalah merekrut talenta-talenta baru terkait transformasi digital.

Menteri Anas mengakui kemampuan perkembangan digital belum optimal.

Langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan antara lain memperkuat GovTech tanah air untuk menciptakan infrastruktur digital yang kuat dan berkelanjutan, serta memperkuat lembaga-lembaga yang bertanggung jawab mengoordinasikan transformasi digital -o.

Terkait penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), indeks SPBE Kementerian Pertahanan tahun 2023 mencapai skor 3,43 dengan predikat Baik yang terus meningkat setiap tahunnya.

Menteri Anas optimistis talenta-talenta baru yang akan direkrut melalui pemilu CASN 2024 mampu mengimplementasikan transformasi digital Kementerian Pertahanan selain memberdayakan pertahanan siber.

“Persiapan formasi Kementerian Pertahanan merupakan langkah pendukung untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, khususnya di bidang pertahanan negara,” kata Anas.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra mengatakan, persiapan pembentukan CASN 2024 merupakan kebijakan untuk mengisi kekosongan beberapa posisi yang kosong baik karena pensiun atau sebab lainnya.

Melalui izin prinsip ini, Kementerian Pertahanan dapat meningkatkan kinerja khususnya di bidang pertahanan untuk mendukung pembangunan nasional.

“Tentu ini juga menjadi tantangan kita ke depan agar kita bisa meningkatkan kinerja melalui rekrutmen CASN,” kata Herindra. (sam/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *