5 Khasiat Cokelat Hitam, Bikin Penyakit Kronis Ini Enggan Menyerang Anda

saranginews.com, JAKARTA – COKLAT menjadi salah satu makanan favorit banyak orang.

Entah Anda sedang merasa sedih atau ingin memanjakan lidah Anda, sebatang coklat dapat membuat hari-hari hampir semua orang menyenangkan.

BACA JUGA: Fakta Mengejutkan Tentang Cokelat Hitam

Terkait makanan ini, coklat hitam telah menjadi populer di kalangan para ahli dan fanatik kesehatan.

Meskipun banyak dari kita yang berulang kali diperingatkan di masa muda bahwa coklat menyebabkan kerusakan gigi, tampaknya coklat hitam tidak kehilangan manfaat kesehatannya.

BACA JUGA: 6 manfaat lobak putih, ampuh mengobati penyakit ini

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman Healthshots.com.1. Meningkatkan fungsi otak

Jika Anda masih bertanya-tanya apakah menikmati cokelat hitam adalah ide yang baik, jangan khawatir lagi.

BACA JUGA: 4 manfaat dark chocolate yang ampuh mengatasi masalah kesuburan pria

Mengonsumsi dark chocolate berbentuk kakao dengan kandungan flavanol tinggi ternyata meningkatkan aliran darah ke otak.

Peneliti dari Universitas L’Aquila di Italia mengatakan, konsumsi coklat hitam secara teratur meningkatkan fungsi kognitif pada lansia.

Kakao mengandung stimulan tertentu seperti kafein dan teobromin yang dapat meningkatkan fungsi otak dalam waktu singkat.2. Pembangkit tenaga antioksidan

Apakah Anda memiliki kulit yang lembut dan kenyal? Apakah sistem kekebalan Anda membantu Anda mengatasi penyakit musiman ini?

Jika ya, kemungkinan besar asupan antioksidan Anda berada pada titik tertinggi.

Tubuh kita cenderung menghasilkan radikal bebas atau oksidan yang memiliki kemampuan mempertahankan diri terhadap bakteri dan virus.

Namun ada kendalanya, mereka cenderung merusak dan menyerang sel jika jumlahnya terlalu banyak.

Di sinilah antioksidan berperan, mereka membantu menetralkan oksidan dari darah Anda.

Cokelat hitam dikenal kaya akan antioksidan dan kaya nutrisi sehingga menjadikannya sebagai makanan super.

Selain itu, coklat hitam mengandung flavonoid yang mungkin berperan dalam pencegahan kanker, penurunan berat badan, dan kesehatan jantung.

Karena stres oksidatif berkontribusi terhadap proses penuaan alami, mengonsumsi coklat hitam membantu mencegah proses ini pada manusia.

Stres oksidatif dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, Parkinson, Alzheimer, kanker dan penyakit mata.3. Ini membantu mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko stroke

Sejumlah penelitian menemukan bahwa coklat hitam juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak coklat hitam per hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.4. Membantu mengatasi nafsu makan

Cokelat hitam bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Selalu ingat bahwa moderasi itu penting dan sekali coklat hitam dikonsumsi dalam jumlah yang terkontrol, hal ini akan memperlambat laju pencernaan.

Selain itu, kandungan MUFA (asam lemak tak jenuh tunggal) yang tinggi dapat semakin meningkatkan metabolisme dan membakar lemak tubuh.5. Meningkatkan HDL dan melindungi LDL dari oksidasi

Bagi mereka yang memberi tahu Anda bahwa penggunaan coklat itu buruk, beri tahu mereka bahwa bubuk kakao mengurangi kolesterol LDL (jahat) yang teroksidasi.

Studi peneliti di Meiji Seika Kaisha Ltd Jepang mengungkapkan bahwa bubuk kakao dapat berkontribusi dalam penurunan kolesterol LDL, meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menekan LDL teroksidasi.

Penelitian menunjukkan bahwa satu porsi coklat hitam sehari sudah cukup untuk meningkatkan kesehatan jantung, berkat kandungan flavonolnya.

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam European Heart Journal menyoroti bahwa coklat hitam dalam dosis kecil dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke hingga hampir 40 persen.

Cokelat hitam kaya akan sumber mineral seperti zat besi, magnesium dan zinc selain antioksidan, yang dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan (fny/jpnn).

BACA ARTIKEL LAINNYA… 5 manfaat tomat, bikin penyakit ini enggan mendekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *