Prajurit di Dekai Ditembak OPM, TNI-Polri Bentuk Tim Pengejaran

saranginews.com, PAPUA – Satuan TNI-Papua mengejar anggota OPM yang menembak mati tentara di Dekai, Kabupaten Yahukimo di Dataran Tinggi Papua.

Penembakan terhadap Praka RU yang merupakan anggota Kodim 1715/Yahukimo terjadi pada Kamis malam (6/6) di Jalan Seradala, Distrik Dekai.

BACA JUGA: Tokoh OPM serukan deklarasi zona damai untuk mengurangi masalah

Korban Pratu RU mengalami luka tembak di bagian kaki kiri dan saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Dekai, jelas Kapendam XVII/Inf Cenderawasih Letkol Candra Kurniawan di Jayapura, Jumat (07/06).

Candra menjelaskan, kliennya belum bisa memastikan pelaku penyerang OPM tersebut berasal dari kelompok mana karena masih dalam penyelidikan.

BACA JUGA: OPM kembali bekerja di distrik Bintang pegunungan Borme

Kapendam menambahkan, perburuan sedang dilakukan untuk menangkap anggota OPM yang menyebabkan penembakan.

Sementara itu, Ketua Satgas Humas Perdamaian Cartenz AKBP Bayu Suseno secara terpisah menjelaskan, penembakan prajurit TNI di Dekai dilakukan KKB Kodap XVI Yahukimo di Dekai pada Kamis (6/6) pukul 18.20 WIB. di Jalan. Seradala, Kilometer. 2, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Dataran Tinggi Papua.

BACA JUGA: TNI kerahkan helikopter dan pesawat untuk mengevakuasi jenazah remaja Sulsel yang ditembak OPM

Korban yang merupakan anggota Kodim 1715/Yahukimo ditembak di bagian paha kiri oleh KKB Kodap XVI Yahukimo, jelas AKBP Bayu Suseno.

Organisasi Papua Merdeka (OPM) merupakan nama di kalangan TNI dan Polri, namun masih sering disebut sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kelompok tersebut saat ini sedang memperjuangkan pemisahan Papua dari NKRI. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… OPM menduduki kawasan ini selama 3 hari, TNI-Polri lakukan operasi ofensif, hasilnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *