Pengalaman Helldy Agustian Sudah Teruji, Cocok Untuk Memimpin Cilegon

saranginews.com, CILEGON – Pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024 semakin dekat. Sejumlah nama bermunculan sebagai calon Wali Kota Cilegon.

CEO Lembaga Pengkajian Pemilu Indonesia (LKPI) Togu Lubis mengatakan, dari hasil survei data mereka di media online dan sosial serta khalayak umum, ada sejumlah nama yang dipilih warga Cilegon sebagai pemimpinnya.

BACA JUGA: PKB pastikan Helldy tetap jalan

“Di antaranya Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Anggota DPRD Banten Dede Rohana Putra, dan Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta,” ujarnya, Senin (3/6).

Selain itu, kata Togu Lubis, beberapa tokoh elite Golkar Cilegon lainnya juga bermunculan seperti Ketua DPD Golkar Cilegon Ratu Ati Marliati dan Isro Mi’raj yang merupakan Sekretaris DPD Golkar Cilegon yang juga Ketua DPRD Cilegon- para anggota.

BACA JUGA: Simak wisata air terlengkap dan terbesar di Kota Cilegon

Kemudian muncul pula calon terpilih DPRD Kota dari Partai Golkar, Robinsar, serta Ketua DPD PAN Cilegon, Alawi Mahmud, yang namanya akan meramaikan pasar calon Wali Kota Cilegon.

Togu menilai, sangat menarik bagi LKPI untuk melakukan penelitian dengan metode survei di kalangan warga Kota Cilegon untuk mengukur preferensi masyarakat terhadap tokoh-tokoh tersebut pada Pilwali Cilegon November 2024.

BACA JUGA: Terseret arus banjir di Cilegon, seorang pegawai ditemukan tewas

LKPI juga melakukan survei acak bertingkat terhadap 1.480 responden dari populasi umum DPT tahun 2024 sebanyak 324.562 pemilih. Responden tersebar secara proporsional di 43 kecamatan Kota Cilegon dan survei ini memiliki margin of error sebesar 2,49 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian diketahui mencapai 88,3 persen. Lalu jumlahnya sangat puas 36,1 persen, cukup puas 52,2 persen, sisanya 11,7 persen kurang puas dan tidak tahu atau tidak menjawab.

Jadi untuk preferensi masyarakat dari segi popularitas, penerimaan, dan elektabilitas calon wali kota, hasilnya adalah Helldy Agustian dengan tingkat popularitas 86,8 persen. Kemudian Ratu Atu Marliati 70,2 persen, Isro Mi’raj 60,2 persen, Sanuji Pentamarta 59,2 persen, Alawi Mahmud Dede 42,4 persen, Rohana Putra 40,2 persen, Robinsar 30,8 persen.

Kiprah Helldy Agustian dan jajarannya dalam memimpin Pemerintah Kota Cilegon untuk bekerja dan melayani masyarakat serta merespon cepat permasalahan yang muncul akhirnya tercermin dari peningkatan angka kualifikasi yang signifikan.

Dalam uji simulasi semi terbuka dengan menghadirkan tujuh nama calon wali kota, hasil jawaban spontan responden menempatkan Helldy Agustian di peringkat pertama dengan perolehan angka 41,2 persen.

Saw Ratu Ati Marliati 18,3 persen, Sanuji Pentamarta 10,2 persen, Isro Mi’raj 9,1 persen, Alawi Mahmud 4,1 persen, Dede Rohana Putra 3,2 persen, Robinsar 2,2 persen, dan tidak memilih 11,7 persen.

Sementara itu, pengamat politik asal Banten, Bambang Arianto menilai Helldy Agustian memang mampu merebut simpati dan dukungan warga Cilegon.

“Helldy Agustian sebenarnya dinilai masyarakat bisa memimpin Cilegon,” kata Bambang.

Menurut Bambang, Helldy Agustian juga punya banyak pengalaman mengelola Cilego.

Sehingga kepercayaan itu membuat masyarakat menginginkan Helldy kembali menjadi Wali Kota Cilegon, ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai sosok yang berpengalaman, Helldy Agustian tentu memiliki program yang berdampak pada masyarakat kecil.

“Orang yang punya pengalaman, Helldy Agustian, tentu banyak programnya yang pro rakyat,” ujarnya. (cuy/jpnn) Dengar! Video Pilihan Editor:

BACA ARTIKEL LAINNYA… Pelatihan membuat sate bandeng oleh Mak Ganjar di Cilegon menjadi inspirasi peluang usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *