Cuaca Long Weekend, BMKG Prediksi Bakal Cerah Berawan di Wilayah Ini

saranginews.com JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan prakiraan cuaca sebagian besar kota besar di Indonesia hari ini, Jumat (5 Oktober).

Berdasarkan pantauan BMKG, cuaca sebagian kota seperti Banda Aceh, Bengkulu, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Samarinda, Tarakan, Denpasar, Kupang, Makassar, Manado diperkirakan akan mengalami cuaca sebagian besar berawan pada hari ini.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG: Hati-hati

Cuaca cerah diperkirakan hanya terjadi di Surabaya dengan suhu 27-33 derajat Celcius dan kelembapan 55-95 persen.

Cuaca berawan diprakirakan terjadi di Padang, Pontianak, Palangkarai, Kendari, Manado. Ternate dan Ambon saat ini.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG: Hindari Hujan, Angin Kencang, dan Petir

Kemudian, beberapa wilayah seperti Tanjung Pinang, Palembang, Pangkal Pinang, Bandung, Gorontalo, Mamuju, Makassar, Mataram, Manokwari, dan Jayapura juga diprakirakan akan diguyur hujan ringan.

Sementara hujan sedang diperkirakan terjadi di Medan, sedangkan hujan disertai petir diperkirakan terjadi di Pekanbaru, Jambi, dan Banjarmasin.

Prakiraan cuaca BMKG Rifat Darajat mengatakan, kondisi cuaca kota-kota besar di Indonesia dipengaruhi oleh keberadaan tiga pusaran siklon dan cikal bakal siklon tropis 91P.

Melalui sirkulasi siklon di perairan utara Kalimantan Barat, kemudian di Pasifik utara Papua dan menuju Laut Banda, ujarnya.

Riftat mengatakan kondisi tersebut dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklon.

Embrio Siklon Tropis 91P di sekitar Laut Arafuru berpeluang kecil untuk berkembang menjadi siklon yang dapat menimbulkan hujan sedang hingga lebat dan angin kencang di sekitar embrio siklon (antara/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *