Presiden Jokowi Akan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan

saranginews.com, JAKARTA – Puncak peringatan Hari Lahir Pancasila akan digelar di Lapangan Blok Rokan, Riau pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir langsung untuk menjadi pembawa acara.

BACA JUGA: Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, OMG persembahkan poster juara nasional Ganjar Pranowo

Sekretaris Jenderal Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Tonny Agung Arifianto mengatakan BPIP memilih Lapangan Blok Rokan sebagai tempat acara puncak perayaan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 guna meningkatkan nasionalisme dan persatuan seluruh anak bangsa.

“Blok Rokan merupakan blok minyak paling produktif di Indonesia dan mulai tahun 2021, 100 persen pengelolaannya akan kembali ke Ibu Pertiwi. Dari sini, kami ingin menyampaikan pesan bahwa jika kita bersatu, kita bisa mengelola sumber daya alam yang bermanfaat. untuk kesejahteraan semua orang,” kata Tonny.

BACA JUGA: BPIP Gelar Karnaval Sambut Hari Lahir Pancasila, Sambutan Masyarakat Luar Biasa

Harlah Pancasila tahun ini mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

Tonny mengatakan Indonesia akan mengalami masa keemasan pada tahun 2045. Saat itu, Indonesia akan berusia 100 tahun atau satu abad.

BACA JUGA: BPIP gandeng pembuat konten untuk memasyarakatkan semangat Pancasila

“Saat itu Indonesia berniat menjadi negara maju dan setara dengan negara adidaya,” ujarnya.

Sedangkan lambang utama Harlah Pancasila tahun 2024 yaitu Sandya Taru atau Pohon Persatuan mencerminkan persatuan, semangat gotong royong dan kesetaraan. Pohon persatuan tercipta dari nilai ketiga dalam Pancasila: persatuan Indonesia yang berlambang beringin.

“Sebagai pohon yang menjadi sumber kehidupan, Pancasila lahir untuk menjadi kekuatan bangsa. Pancasila melindungi jiwa setiap orang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila membentuk akhlak yang mulia,” kata Tonny.

Diperkirakan ada seribu peserta upacara peringatan Harlah Pancasila di blok Rokan, yang berasal dari unsur TNI, Polri, ASN, pegawai, dan mahasiswa Pertamina Hulu Rokan. Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir.

Presiden MPR Bambang Soesatyo akan berperan sebagai pembaca teks Pancasila.

Ketua DPR Puan Maharani akan membacakan UUD 1945.

Doa tersebut akan dibacakan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Upacaranya akan melibatkan Paskah tingkat Nasional dan Provinsi Riau (Jumat/jpnn) Jangan lewatkan video Pilihan Editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *