Prof. Dudi Rudianto Dikukuhkan Jadi Guru Besar Universitas Bakrie

saranginews.com, JAKARTA – Prof. Dudi Rudianto SE.,MSi. Pada Kamis (29/2/2024) dibuka sebagai guru besar di Universitas Bakrie ruang 1.2 Universitas Bakrie.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Dudi Rudianto menyampaikan laporan ilmiah yang berjudul “Kontribusi Aspek Finansial terhadap Pembangunan Berkelanjutan”.

BACA JUGA: Guru Besar UI Sebut Mayoritas Kanker Paru Disebabkan Kebiasaan Merokok

Kontribusi aspek finansial dalam pembangunan berkelanjutan Prof. Dudi menjelaskan pentingnya pengelolaan bisnis ramah lingkungan sebagai landasan transisi perusahaan menuju model bisnis berkelanjutan.

Ekonomi bisnis ramah lingkungan memerlukan pendekatan khusus yang berfokus pada penciptaan nilai bagi pemegang saham, peningkatan kesejahteraan sosial, dan pemeliharaan sumber daya alam.

BACA JUGA: Puluhan ribu dosen dan guru besar terima gratifikasi miliaran rupee

“Bisnis ramah lingkungan yang awalnya muncul sebagai respons terhadap tekanan eksternal, kini dianggap sebagai bisnis masa depan, tidak hanya bertanggung jawab secara moral, tetapi juga merupakan strategi untuk meningkatkan keuntungan dan keberlanjutan,” tegasnya.

Prof. Dudi juga membahas Green Finance yang merupakan dukungan komprehensif sektor keuangan terhadap pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

BACA JUGA: Forum Guru Besar Indonesia menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung perdamaian dan menghentikan penyebaran penipuan

Dalam konteks ini, peran perusahaan ramah lingkungan dan sektor keuangan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB sangatlah penting. Ia menyoroti konsep Nilai Kekayaan Bersama, yang mengedepankan kesejahteraan bersama, kesejahteraan sosial, dan keberlanjutan sumber daya alam di antara para pemegang saham.

Prof. Dudi menegaskan penerapan SDGs dan tata kelola perusahaan hijau dapat memberikan kontribusi positif terhadap kinerja keuangan perusahaan melalui pengelolaan sumber daya yang efektif dan pengembangan produk yang inovatif.

Meskipun hanya sedikit perusahaan di Indonesia yang memahami pentingnya manajemen bisnis ramah lingkungan, Prof. Dudi mengatakan masih diperlukan upaya lebih untuk menerapkannya secara luas. Satgas Pelayanan, Adhy Purnama, SE, MM. Rektor Universitas Bakrie, Senat dan para dosen Universitas Bakrie serta tamu undangan asing.

Rektor Universitas Bakrie, Prof. Sebagai wujud rasa bangga dan bahagianya, Sofia V Alisjahbana membuka acara pengambilan sumpah Prof. Dudi Rudianto, Guru Besar Manajemen Keuangan ke-6 berdasarkan program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie. Universitas Bakrie.

Prof Dudi Rudianto, kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi beliau dalam memajukan ilmu pengetahuan khususnya di bidang keuangan yang kini semakin penting dalam konteks pembangunan berkelanjutan, ujarnya.

Ratna Indira Nirvan Bakrie dalam sambutannya menyampaikan bahwa Yayasan Pendidikan Bakrie berkomitmen mendukung pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, termasuk di bidang ilmu manajemen keuangan.

“Kami berharap Prof Dudi dapat terus berkarya dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perkembangan ilmu keuangan bagi masyarakat Indonesia.”

SE mewakili LLDIKTI Wilayah III, MM Adhy Purnama mengucapkan selamat kepada Prof. Dudi akan dilantik menjadi guru besar hari ini. “Saya berharap kedepannya kita bisa terus lebih aktif dalam kegiatan akademik,” ujarnya (ray/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *