Berdayakan Ratusan UMKM, IKPP Diganjar Penghargaan CSR Terbaik 

saranginews.com – Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) pertama yang mendorong mereka agar mampu bersaing dalam persaingan yang ketat. Apalagi UMKM kerap menghadapi kendala dari segi teknologi dan permodalan.

Sebaliknya, unit bisnis APP Group, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. (IKPP) memberikan pembinaan kepada 148 UKM yang tersebar di sekitar pabrik PT IKPP di Perawang-Riau, Serang dan Tangerang, Banten melalui program tanggung jawab sosial perusahaannya. Pekerjaan ini dilakukan di samping upaya perlindungan lingkungan.

BACA JUGA: Indeks Bisnis UMKM BRI Q1 2024: Pertumbuhan Masih Lambat Tapi Masih Diharapkan

“Hal ini merupakan bagian dari komitmen PT IKPP dalam merevitalisasi perekonomian daerah dengan mendukung UMKM, khususnya pemberdayaan perempuan,” kata CEO APP Group Suhendra Wiriadinata di Jakarta, Rabu (8/5).

Atas upayanya tersebut, IKPP mendapatkan penghargaan ‘Indonesia Best CSR in Pulp and Paper Sector 2024’ pada Indonesia CSR Summit 2024 yang diselenggarakan oleh The Iconomics. Penghargaan ini mengakui komitmen perusahaan terhadap bisnis berkelanjutan dan inovatif yang bertanggung jawab secara sosial.

BACA JUGA: Sinergi TikTok Shop dan Tokopedia Dibayangkan Percepat UMKM Go Digital

“Rencana seperti pengembangan UMKM dan penanaman peternakan lebah merupakan komitmen kami untuk mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Penghargaan diserahkan oleh Founder dan CEO The Iconomics Bram S. Putro kepada Vice President APP Group Irsyal Yasman di Hotel Borobudur. Penghargaan tersebut melalui proses seleksi ketat yang melibatkan para profesional dan ahli di bidang CSR, keberlanjutan, dan tata kelola perusahaan.

BACA JUGA: UMKM Perempuan di Tanah Air Butuh Dukungan, Mastercard dan OPPO Ikut Serta

“Kami melaksanakan berbagai program CSR di berbagai sektor, antara lain lingkungan, ekonomi, dan sosial,” lanjut Suhendra.

Sementara itu, Kepala Pusat Kebijakan Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Muh. Ahdiyar Syahrony mengatakan isu lingkungan hidup merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, semua organisasi, termasuk sektor swasta, tidak boleh ketinggalan.

Selain penghargaan tersebut, PT IKPP telah menerima berbagai penghargaan CSR lainnya, antara lain Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA), TOP CSR Awards, Bisnis Indonesia Social Responsibility Award (BISRA).

PT IKPP juga mendapat pengakuan melalui GRC & Performance Excellence Award 2023 atas tata kelola yang baik, manajemen risiko, dan kepatuhan. (sekarang/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *