Gandeng Nusa, INDODAX Terapkan Teknologi Blockchain di Short Film Festival 2023

saranginews.com, JAKARTA – INDODAX, salah satu platform perdagangan kripto terkemuka di Indonesia, mengumumkan peluncuran INDODAX Short Film Festival 2023 (ISFF) dengan teknologi blockchain edisi baru.

Sebagai terobosan dalam mengintegrasikan teknologi blockchain ke dalam kehidupan sehari-hari, ISFF akan menggunakan teknologi NFT (Non-Fungible Token) dalam proses penghitungan/pemungutan suara.

Baca Juga: Industri Aset Kripto Naik Jadi Rp 10,64 Triliun, CEO INDODAX Makin Optimis

CEO INDODAX Oscar Darmawan menjelaskan bahwa teknologi blockchain lebih dari sekedar sektor keuangan.

Melalui kerja sama dengan Nusa, INDODAX menciptakan sistem penghitungan kemenangan (voting) dengan menggunakan teknologi NFT.

Baca juga: Rayakan Hari Maritim Nasional ke-59, PIS Tanam 1.500 Pohon Mangrove di Batam

“Kami ingin membuktikan bahwa teknologi blockchain dapat digunakan sebagai dasar penghitungan pemenang menggunakan NFT. Kami akan memberikan 100 kupon NFT secara gratis kepada peserta yang memilih di ISFF,” kata Oscar.

Voting atau pemungutan suara menggunakan teknologi blockchain memiliki banyak keunggulan dibandingkan pemungutan suara tradisional.

BACA JUGA: Indonesia bisa menggunakan produk tembakau alternatif untuk mengurangi penggunaan tembakau

“Dengan menggunakan NFT maka dapat dipastikan distribusi hak suara merata. Lalu kita bisa mengecek apakah hak pilihnya digunakan dengan baik atau oleh orang lain. NFT memungkinkan regulator melihat riwayat perdagangan setiap NFT,” ujarnya. Oscar.

Lebih lanjut Oscar juga menjelaskan bagaimana penggunaan teknologi NFT dapat mengurangi dan mencegah kemungkinan terjadinya penipuan.

“Sistem NFT hanya mengizinkan satu suara per NFT, menghilangkan kemungkinan penipuan atau penghitungan ganda. “Dengan demikian, penerapan NFT dapat membantu melindungi dan mengurangi hal-hal yang mungkin menyesatkan,” lanjut Oscar.

Oscar juga meyakini bahwa karya ini merupakan langkah awal yang membuka pintu bagi teknologi blockchain untuk digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Diharapkan teknologi blockchain dapat digunakan dengan cara lain di masa depan, sehingga tidak berhenti sampai di situ saja,” kata Oscar.

Wildan Ramadhan, CEO Nusa, mengatakan teknologi NFT dapat dikembangkan untuk berbagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tidak hanya menampilkan gambar digital yang unik, namun NFT dapat digunakan di area lain yang memerlukan tampilan digital yang nyata, jernih, dan andal. “Salah satunya adalah tampilan perolehan suara dalam proses pemilu,” kata Wildan (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *