Peraturan Pajak Diharapkan tak Menghambat Pertumbuhan Industri Kripto

saranginews.com, Jakarta – CEO Indodex Oscar Dharmawan menilai Indonesia membutuhkan stimulus untuk merangsang pertumbuhan industri kripto di Indonesia.

Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mengecek besaran nominal pajak kripto di Indonesia.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Kripto di Indonesia, Kunjungan Kampus CEO Indodex

“Saat ini terdapat beberapa jenis pajak atas aset kripto di Indonesia, yaitu PPh 0,10%, PPN 0,11%, dan tambahan 0,02% untuk biaya penukaran, deposit, dan penyelesaian. Selain itu, jika Berinvestasi di stablecoin seperti USDT, berbagai pajak Sesuai dengan Oscar, total pajak yang harus dibayar investor mahal dan berpotensi mematikan industri kripto di Indonesia.

Oscar juga mengatakan bahwa hal ini akan menimbulkan beban keuangan yang sangat berat bagi investor cryptocurrency. Faktanya, total pajak yang harus dibayar setiap bulannya lebih besar dibandingkan pendapatan industri.

Baca Juga: Optimalisasi Pelayanan, Amana Rebranding Alisha Place

Apalagi dibandingkan pajak di industri saham, nominal pajak di industri kripto saat ini tidak seimbang. Total pajak saham hanya 0,1 persen. Oleh karena itu, sebaiknya investor di Indonesia dibebaskan dari besaran PPN. berkata, seperti industri saham Go.

Oscar juga menegaskan, saat ini mata uang asing yang beroperasi di Indonesia seharusnya dikenakan pajak hingga triliunan rupiah, namun DJP belum pernah menerimanya.

Baca Juga: Jamakarindu resmikan gedung kantor baru di Padang

Sementara itu, industri kripto dalam negeri saat ini sedang berjuang untuk bertahan karena harus membayar pajak berdasarkan rezim pajak yang berlaku saat ini. Hal ini menciptakan ketidakadilan terhadap industri kripto.

Ada kekhawatiran bahwa undang-undang perpajakan yang awalnya bertujuan baik justru akan memicu arus keluar modal dari industri kripto di Indonesia. Selain itu, tahun 2024 akan menjadi langkah yang sangat penting bagi industri kripto. Salah satunya seperti Bitcoin. “Ya,” kata Oscar.

Menurut Oscar, pergerakan setengah hari Bitcoin secara historis mendorong pertumbuhan aset kripto di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Oscar berharap peraturan perpajakan tersebut tidak menjadi hambatan untuk mendorong perkembangan industri kripto di Indonesia.

Banyak pihak yang menantikan pergerakan setengah hari ini karena harga Bitcoin dan aset kripto lainnya selalu mengalami pertumbuhan yang signifikan. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik dan berlomba-lomba untuk mulai berinvestasi di aset kripto. Apalagi menjelang setengah hari pemberangkatan, hal ini terjadi. “Hal ini dapat merangsang perkembangan industri kripto,” kata Oskar (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *