Pengamat Maritim Beri Pesan Khusus Menjelang Kepemimpinan Prabowo-Gibran

saranginews.com, JAKARTA – Ikatan Keluarga Alumni Pengamat Maritim Lemhannas Strategic Center (ISC) DR. Kapten. Marcellus Hakeng Jayawibawa memuji putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menampik seluruh dalil perselisihan hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

Menurut dia, putusan MK tersebut tidak hanya menegaskan legitimasi pemerintahan baru, namun juga membuka peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan perannya dalam persoalan sumber daya kelautan dan kawasan laut.

Baca selengkapnya: Tidak ada. Marcelus Hakeng menerima gelar doktor di bidang Studi Maritim

Kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 juga memperkuat legitimasi pemerintahan baru. Suara mayoritas yang mereka peroleh merupakan landasan yang diperlukan untuk memberikan legitimasi pada proses diplomasi untuk menyelesaikan permasalahan maritim yang kompleks. , serta mendukung pengembangan ekonomi maritim. Hakeng di Jakarta pada Selasa (23/4).

Menurut dia, peran pemimpin baru dapat tetap menjalankan fungsi pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dengan Visi Poros Laut Dunia.

Baca Juga: Keputusan Rapat MK PHPU Jadi Simbol Kemenangan Pendukung Prabowo-Gibran

Tujuan utamanya adalah pengembangan ekonomi maritim dan penguatan hubungan antar pulau.

Oleh karena itu diharapkan kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka selanjutnya dapat melanjutkan inisiatif ini, mengembangkan perekonomian di laut dan meningkatkan konektivitas antar pulau, jelas sang nakhoda. Marcellus Hakeng yang juga bertanggung jawab atas organisasi dan pendistribusian Kader pengelolaan Catholic Youth Center.

Baca Juga: Airlangga Baca Peluang Kolaborasi PDIP – Prabowo, Ini Analisanya

Dijelaskannya, sebagai negara terbesar ke-14 dan negara kepulauan terbesar di dunia, India india menempati posisi unik yang memberikan kebebasan geografis dan politik serta berperan penting dalam dunia kelautan.

Kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan dukungan mayoritas tidak hanya memperkuat pemerintahan baru, tetapi juga memberikan pembenaran yang kuat untuk mengambil langkah-langkah diplomasi guna menyelesaikan permasalahan maritim yang kompleks.

Di sisi lain, bos. Tn. Hakeng Jayawibawa juga berharap pemerintahan baru selalu berupaya memajukan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan potensi maritim yang dimiliki.

“Karena walaupun memiliki potensi yang besar sebagai negara kepulauan, namun kemanfaatan sumber daya laut dan keunggulan masyarakatnya tidak terasa lebih baik. Pengelolaan potensi laut Indonesia agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat secara lebih luas dan seragam, “laksamana. Marcellus Hakeng menambahkan.

Pengamat kelautan yang dikenal penting ini menambahkan, pembangunan infrastruktur pelabuhan menjadi kunci penguatan potensi maritim Indonesia.

“Dengan meningkatkan konektivitas antar pulau dan mengembangkan pelabuhan serta fasilitas maritim lainnya, pemerintah dapat membuka lebih banyak peluang pertumbuhan ekonomi dan investasi di sektor maritim,” jelasnya. Han Sen

Selain itu, kepala Tn. Hakeng menambahkan bahwa: Perlindungan lingkungan laut juga merupakan hal penting dalam pengelolaan potensi jalan.

Pemerintahan Prabowo-Gibran diharapkan dapat meningkatkan upaya perlindungan ekosistem laut dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, sehingga keberlanjutan perekonomian kelautan dapat terwujud, tambah Kapten. Han Sen (flo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *