Harga Bitcoin Sentuh Rp 1 Miliar, Investor Bisa Lakukan Strategi Ini

saranginews.com, Jakarta – Pekan lalu pasar kripto dihebohkan dengan harga Bitcoin yang naik lebih dari Rp 1 miliar atau setara US$69.202.

Memasuki kuartal I tahun 2024, angka tersebut menjadi harga tertinggi yang diraih sepanjang sejarah, rekor tertinggi sebelumnya sebesar US$68.999 pada November 2021.

Baca Juga: Bitcoin Capai Rp 1 Miliar, Indodax: Tiba-tiba Jadi Miliarder

Coingeco memperkirakan harga Bitcoin akan bernilai US$42.500 atau setara US$665 juta pada awal tahun 2024.

Ternyata, kenaikan tersebut kini lebih tinggi dari perkiraan harga sebelum paruh April 2024 mendatang.

Baca juga: Setengah Hari Disambut, Bitcoin Capai Hampir Rp 1 Miliar

Resna Raniyadi, COO Upbit Indonesia, berbagi pemikirannya tentang pertumbuhan Bitcoin yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut Resna, kenaikan Bitcoin di atas Rp miliar merupakan pencapaian baru bagi seluruh ekosistem kripto.

“Hal ini mencerminkan semakin besarnya kepercayaan berbagai pihak terhadap peran Bitcoin dalam transformasi keuangan global, yang terlihat dari kenaikan harga Bitcoin yang juga berdampak pada kenaikan harga altcoin lainnya,” kata Resna di Jakarta. . Pada Selasa (13). /3).

Upbit juga mengatakan bahwa proses halving yang rencananya akan terjadi pada April 2024 ini didukung oleh peluncuran BlackRock Bitcoin ETF pada Januari lalu dan sentimen positif pasca peluncuran Bitcoin.

Lebih lanjut, Upbit mengatakan investor masih fokus terhadap keputusan Ketua Federal Reserve pada 6-7 Maret 2024 mengenai kemungkinan kenaikan suku bunga. “Keputusan ini kemungkinan akan membebani sentimen pasar di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap inflasi dan potensi penyesuaian suku bunga,” kata Resna.

Pandangan upbit yang menunjukkan kenaikan harga Bitcoin, sebagian besar berasal dari perusahaan besar dan kecil, menunjukkan meningkatnya kepercayaan terhadap potensi jangka panjang mata uang digital ini.

Artinya, organisasi mulai membuka diri terhadap aset digital. Hal ini juga mencerminkan pergeseran paradigma keuangan global di mana aset digital semakin diterima dan dianggap sebagai bagian integral dari portofolio investasi modern.

Namun, Upbit menekankan pentingnya waspada terhadap volatilitas yang menjadi ciri pasar kripto.

“Meskipun kenaikan nilai Bitcoin menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, volatilitas pasar kripto tetap menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. “Kami menyarankan investor untuk melakukan penelitian yang cermat, terus memantau pasar, dan memahami risiko yang terkait dengan investasi pada aset digital,” Resna. (MCR10/JPNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *