bjbPreneur on Campus Jadi Ajang Kolaborasi Pelaku Usaha dan Akademisi

saranginews.com, SEMARANG – Bank bjb dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengundang 350 peserta untuk berkolaborasi bjbpreneur di kampus UNS T-Tower, Solo, Jawa Tengah, Rabu (6) / 3).

Kegiatan ini merupakan kontribusi lembaga pendidikan dalam pengembangan produk usaha kecil dan menengah (UMKM). Pusat, Rabu (6/3).

Baca juga: Bank bjb gandeng Bank Bengkulu di KUB untuk tingkatkan kerja sama pembiayaan dan permodalan

Rangkaian acara sosialisasi offline terbaru dari bjbPreneur 2024 terselenggara berkat merger bank bjb dan UNS.

Mengangkat tema ‘Pengembangan ekosistem kewirausahaan dan potensi bisnis lokal’, acara Sosialisasi dalam bentuk workshop ini merupakan kesempatan bagi peserta untuk mendalami langkah-langkah pengembangan bisnis dengan memanfaatkan ekosistem yang ada, misalnya inkubator industri dan lembaga pendidikan.

Baca juga: Untung Rp 2,1 Triliun BJB Perkuat Perusahaan dan KUB

Upacara dibuka dengan tarian adat yang dilanjutkan dengan kutipan dari Plt. Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT.

“Acara ini lucu kenapa senang karena saya menemukan kata yang cantik dan indah itu preneur. Dimana preneur itu orang yang tidak hati-hati, berprinsip kuat, tidak mencari pekerjaan, tapi menciptakan lapangan kerja baru.” pembukaan bjbPreneur on Campus di UNS.

Baca juga: BJB raup Rp 2,1 triliun pada 2023

Dijelaskannya, indeks kewirausahaan di Indonesia tertinggal jauh dari Singapura sekitar 3,4% dan Singapura yang mencapai 8%.

Dengan kondisi tersebut, ia berharap lulusan UNS yang memiliki talenta wirausaha bisa dipertemukan dengan pelaku UMKM dan bank bjb sebagai pendanaan untuk menciptakan ekosistem kolaboratif agar UMKM bisa berkembang di Indonesia.

“Peran lembaga pendidikan sangat berpengaruh, salah satunya inisiatif kita dalam melakukan inovasi alat produksi yang dampaknya langsung dirasakan oleh dunia usaha,” kata Wakil Irjen Bidang Riset dan Inovasi UNSR.

“Saya sangat mengapresiasi dukungan bjb terhadap UMKM dengan mengadakan bjbPreneur. Semoga kegiatan ini dapat menciptakan ekosistem yang berkelanjutan dan lahirnya wirausaha-wirausaha muda berbakat dan khususnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” ujarnya Lokal di Solo Raya.

Jj Kusmaryadi, 5th Regional CEO Bank bjb, mengapresiasi UNS yang menyambut startup melalui bjbPreneur.

“Banyak investor dan mitra kami yang mengatakan bahwa Jawa Tengah merupakan daerah terdepan dalam pengembangan bisnis UMKM. Rata-rata pengusaha yang berhasil menembus pasar global berasal dari Jawa Tengah,” jelas Jadi.

Melalui bjbPreneur, tambahnya, menyambut baik para pelaku UMKM dan pelajar untuk bergabung dengan bjbPreneur. Bank bjb berkomitmen mendorong inovasi bagi UMKM dan pelajar. Harapannya dengan ajang ini dapat lahir wirausaha muda yang mampu bersaing di pasar global.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara bjb Cabang Surakarta dengan UNS mengenai program pendidikan, penelitian, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan perbankan yang dilakukan oleh Pemimpin Cabang bjb Surakarta Einz Rayviert Ohndy dan Direktur Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS, Profesor Venty. Suryanti, S.Si, M.Phil, Ph.D.

PKS Watch juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Wilayah Kanwil 5 Jadi Kusmaryadi dan Wakil Inspektur Riset dan Inovasi UNS Kuncoro Diharjo.

Acara selanjutnya adalah pemaparan ekosistem bisnis yang dipimpin oleh Ketua Umum Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia Catur Sugiarto, serta pemaparan dari CTO nDalem, Aria Yuda pada Rabu.

Dalam kesempatan lain, Kepala Bank bjb cabang Surakarta Einz Rayviert Ohndy mengatakan, tantangan bagi usaha kecil dan menengah adalah terbatasnya akses permodalan dan pasar. bjbPreneur merupakan wujud komitmen bjb banking yang tidak hanya kami miliki sebagai bank saja.

Namun merupakan bagian dari roda pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan pelaku usaha khususnya MSMV.

Ia menambahkan: “Saya berharap bjbPreneur dapat menjadi peluang bagi para wirausaha atau start-up untuk memperkuat diri, berinovasi dan sukses memperluas pasar.

Hadir dalam acara bjbPreneur Di Kampus Sebelas Maret Universitas Negeri Surakarta antara lain Direktur Eksekutif Regional Kanwil 5 Jadi Kusmaryadi, Manajer Departemen Departemen Bjb Surakarta Einz Rayviert Ohndy, Wakil Inspektur Riset dan Inovasi Kuncoro Diharjo bersama jajaran staf Universitas Negeri Surakarta Sebelas Berbaris

Kegiatan bjbPreneur sebelumnya telah diumumkan dan didaftarkan dalam bentuk seminar di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung, Jawa Barat (Kanwil 1) pada tanggal 20 Februari 2024.

Kemudian di Universitas Esa Unggul (UEU), Jakarta Barat (Kanwil 2) pada 27 Februari 2024. Kemudian di Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ), Cirebon (Kanwil 3) pada 1 Maret 2024 dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Sereng , Benteng (Kanville 4) pada 4 Maret 2024. .

Acara Universitas Negeri (UNS) Solo 11 Maret ini juga menutup kegiatan sosialisasi offline dalam rangkaian bjbPreneur on Campus 2024.

Informasi pendaftaran aplikasi bjbPreneur tersedia hingga tanggal 10 Maret 2024 melalui aplikasi bjb DiSentra bank bjb yang dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website resmi bank bjb www.bankbjb.co.id. (jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *