Menjelang Lengser, PM Singapura Temui Presiden Jokowi di Istana Bogor

saranginews.com, BOGOR – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Bogor pada Senin pagi.

Mengenakan batik berwarna coklat muda, Jokowi mengajak Lee ke Ruang Teratai Istana Bogor, di mana kedua pemimpin berjabat tangan sambil tersenyum lebar.

Baca selengkapnya: Lifepack & MaNaDr Singapura berkolaborasi untuk menyediakan akses layanan kesehatan internasional

Selanjutnya Presiden Jokowi mendampingi PM Lee menandatangani buku tamu dan keduanya berangkat bersama menuju ruang pertemuan yang digelar dalam bentuk Leaders’ Retreat.

Selama retret tersebut, kedua pemimpin akan meninjau kembali kerja sama selama 10 tahun dan memastikan kelanjutan kerja sama dan niat baik antara kedua negara.

Baca Juga: Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang berkuasa sejak 2004 akan mundur bulan depan

Salah satu kolaborasi strategis yang ditekankan adalah peningkatan sumber daya manusia melalui peningkatan kapasitas, transfer talenta di bidang digital, dan peningkatan kapasitas di bidang kesehatan.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin juga diyakini membahas perkembangan Ibukota Negara Republik Indonesia (IKN). Banyak perusahaan Singapura yang menyatakan minatnya untuk berkolaborasi berinvestasi di IKN.

Baca juga: Pejabat Singapura Berani Ucapkan Selamat kepada Partai Golkar

Sebelum menyerahkan pemerintahan kepada perdana menteri baru pada Mei mendatang, Lee akan melakukan perjalanan ke Indonesia untuk menghadiri retret para pemimpin.

Seperti halnya Lee, tahun 2024 akan menjadi tahun terakhir kepemimpinan Jokowi setelah 10 tahun menjabat Presiden RI.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Lee, Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Perindustrian Agus Kumiwang Kartasasmita.

Selain itu, turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumathi, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Lavoli, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Bandjaitan, serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiam Makarim.

Sementara itu, Perdana Menteri Lee didampingi delegasi beberapa menteri Singapura, termasuk Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong yang segera membentuk pemerintahan Singapura.

Wong yang akan mengambil alih jabatan perdana menteri Singapura pada 15 Mei mendatang, terlihat melakukan pembicaraan dengan Prabowo Subianto, presiden terpilih RI untuk masa jabatan 2024-2029. (ant/dil/jpnn) Sudah lihat video terbaru berikut ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *