Mudik Lebaran, Jasa Marga Sebut 49 SPKLU di Rest Area Siap Beroperasi, 11 Fast Charging

saranginews.com, JAKARTA – Wisatawan yang ingin mengendarai mobil listrik pulang saat Lebaran tak perlu khawatir untuk mengisi ulang dayanya.

Pasalnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Terkait Bisnis (JMRB) menyediakan 49 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area.

BACA JUGA: SPKLU akan siapkan PLN 1.124 selama masa mudik lebaran

Seluruh SPKLU disebut berupaya mendukung mudik Lebaran.

Ketua PT JMRB Denny Abdurachman mengatakan Jasa Marga menambah jumlah SPKLU hampir tiga kali lipat di rest area grup Jasa Marga.

BACA JUGA: Sambut Mudik Lebaran 2024, PLN Sebut Ribuan SPKLU Siap Beroperasi

Sebelas diantaranya telah ditingkatkan dari normal charge menjadi fast charge, sehingga beberapa jenis kendaraan listrik dapat mengisi daya secara maksimal dengan waktu pengisian 30 menit, kata Denny di Jakarta, Selasa.

Sembari mengisi baterai, pengguna jalan bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas dan layanan di perhentian.

BACA JUGA: Indonesia butuh 25 ribu SPKLU untuk menjangkau 2 juta kendaraan listrik

Jasa Marga dan Pertamina juga bekerja sama untuk memastikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) bagi pengguna jalan di stasiun layanan di tempat istirahat.

Salah satunya adalah penyediaan SPBU Modular di 14 lokasi rest stop yang beberapa di antaranya telah disesuaikan dengan perubahan sistem penyaluran SPBU solar ke Pertamax.

Selain itu, Jasa Marga juga mengadakan 29 posko kesehatan di beberapa tempat peristirahatan untuk membantu pengunjung melakukan pemeriksaan kesehatan selama perjalanan dan menambah 599 toilet fungsional.

Kecukupan air bersih dipastikan dengan memperbanyak penyediaan air bersih di toilet dan musala, menambah 141 petugas pengatur lalu lintas untuk mempercepat penggunaan peralatan lalu lintas dan arus kendaraan.

Petugas keamanan siap siaga selama 24 jam agar pengunjung dapat bersantai dengan nyaman di rest area.

Jasa Marga juga akan mengubah fungsi toilet pria menjadi toilet wanita karena antrian toilet wanita cenderung panjang. Toilet pria nantinya akan menggunakan toilet fungsional.

Kami berharap dengan segala kesiapan operasional dan peningkatan pelayanan yang dilakukan Jasa Marga Group di bidang rekreasi, penyelenggaraan libur Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan lancar, aman dan nyaman.

Seluruh pengguna jalan tol dapat bersinergi untuk menaati aturan yang berlaku sehingga secara bersama-sama dapat menciptakan keuntungan yang berarti dan bermanfaat. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAGI… Percepat Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, Pemerintah Bangun Ribuan SPKLU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *