Tugu Insurance dan Rabu Hijrah Bantu Warga Kebon Jeruk Melestarikan Lingkungan

saranginews.com, JAKARTA – Dalam upaya meningkatkan kesadaran lingkungan dan mendorong pengelolaan sampah yang baik, Tugu Insurance bersama Rabu Hijrah menyelenggarakan program Pengelolaan Sampah di Bank Sampah Emas 06 di Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Kamis (24/10). .

Kegiatan ini dihadiri oleh Tatang Nurhidayat, Ketua Pelaksana Tugu Insurance, Phirman Rezha, Presiden Rabu Hijrah, dan Achmad Mawardi, Kepala Desa Kebon Jeruk, serta melibatkan partisipasi aktif warga sekitar.

BACA JUGA: SIG dan BTN Gandeng Bangun Perumahan Murah dan Ramah Lingkungan

Program ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk mendorong pengelolaan sampah berkelanjutan dengan mendorong masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan. P

Dalam kesempatan tersebut, Tugu Insurance berulang kali memberikan bantuan penting kepada bank sampah di kawasan Kebon Jeruk untuk menunjang operasionalnya.

BACA: Menteri LH menyiapkan 10 strategi lingkungan hidup setelah memangku jabatan.

Sebagai wujud komitmen terhadap kelestarian lingkungan, Tugu Insurance telah menyerahkan berbagai peralatan pengelolaan sampah ke Bank Sampah Emas 06 di Kebon Jeruk. Bantuan yang diberikan antara lain alat penghancur, timbangan sampah, tempat sampah serta tempat sampah ukuran 240 liter dan 30 liter.

Dalam sambutannya, CEO Tugu Insurance Tatang Nurhiddayat menekankan pentingnya dukungan nyata dari pihak swasta untuk mengatasi permasalahan sampah dan mendorong pengelolaan lingkungan yang baik.

BACA JUGA: Strategi LPCK dukung program pengelolaan lingkungan hidup 

“Tugu Insurance meyakini bahwa tanggung jawab menjaga lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau masyarakat, namun juga pihak swasta. Dengan dukungan ini, kami berharap Bank Sampah Emas 06 dapat lebih efektif dalam pengelolaan sampah dan meningkatkan kesadaran masyarakat. tentang pentingnya daur ulang,” kata Tatang.

Tatang juga menambahkan, bantuan ini merupakan bagian dari inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) Tugu Insurance yang fokus pada isu lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat.

Selain mendukung bank sampah, acara ini juga menggalakkan gerakan zero waste di rumah yang bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah domestik melalui cara yang sederhana namun efektif. Gerakan ini mencakup dua inisiatif utama, yaitu:

1. Satu Orang, Satu Kotak Sampah Setiap orang diajak untuk bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya, memiliki kotak sampah sendiri untuk memisahkan sampah organik dan non-organik.

2. Satu Rumah, Satu Biopori Setiap rumah di kawasan Kebon Jeruk diimbau untuk menggali biopori sebagai solusi pengelolaan sampah organik dengan membantu tanah menyerap air, sekaligus mengurangi potensi banjir.

Dalam konteks ini, Ketua Rabu Hijrah, Phirman Rezha dalam sambutannya mengatakan, gerakan ini merupakan bagian dari upaya bersama membangun budaya peduli lingkungan di tingkat keluarga.

“Kami telah merancang gerakan Zero Waste agar mudah diadopsi oleh semua keluarga. Dengan komitmen sederhana seperti memilah sampah dan membuat biopori, setiap rumah tangga dapat berkontribusi secara signifikan dalam mengurangi volume sampah dan menjaga lingkungan. Inisiatif ini juga” Hal ini menciptakan pola pikir baru di mana setiap individu memiliki peran dalam melindungi Bumi,” kata Phirman.

Kepala Desa Kebon Jeruk Achmad Mawardi menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih atas kerja sama Tugu Insurance dan Rabu Hijrah yang telah mendukung pengelolaan sampah di wilayahnya.

Achmad berharap program seperti ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya menjaga lingkungan bersih dan sehat.

“Kami sangat berterima kasih kepada Tugu Aymis dan Rabu Hijrah yang telah menawarkan program ini kepada kami. Kegiatan seperti Bank Pengelola Sampah Sampah Emas 06 sangat penting untuk membantu kita mengelola sampah secara efisien. “Selanjutnya, aktivitas rumah tangga zero waste juga akan berdampak jangka panjang terhadap perubahan sikap masyarakat terhadap pengelolaan sampah,” kata Achmad.

Sedangkan Rabu Hijrah merupakan komunitas pemuda Islam yang fokus pada kegiatan memahami permasalahan ekonomi syariah, salah satu program hijau.

Rabu Hijrah telah bermitra dengan Tugu Insurance dalam upaya perlindungan lingkungan melalui penanaman mangrove dan pengelolaan limbah dalam dua tahun terakhir dan telah membantu lebih dari 300 rumah tangga di masyarakat. (bunuh/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *