Bea Cukai Musnahkan Barang Hasil Penindakan Senilai Rp 4,3 M di Bali, BKC Mendominasi

saranginews.com, BADUNG – Kantor Wilayah Bea dan Cukai Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur (Kanwil Bea dan Cukai Bali NTB NTT) memimpin pemusnahan barang hasil pekerjaan di bidang kepabeanan dan Pembayaran IDR. 4,3 miliar pada Rabu (16/10).

Kepala Suku Dinas Bea Cukai Bali NTB NTT R. Fadjar Donny Tjahjadi mengatakan, barang rusak tersebut merupakan hasil pengerjaan tiga kantor yakni Kanwil Bea dan Cukai Bali NTB NTT, Bea Cukai Ngurah Rai, dan Bea Cukai Denpasar.

Baca Juga: Truk Tabrakan, 2 Penumpang Feri Ditangkap Petugas Bea Cukai Batam

Danny mengatakan, “Breakout BKC (rock stock) yakni 2.191.488 batang rokok, MMEA 20.320,64 liter, 18.326,20 ml, dan rokok elektronik (REL) 840.000 batang.

Selain itu, banyak barang lain yang juga rusak, seperti telepon genggam, komputer tablet (HKT), obat-obatan, perhiasan, senapan angin, tas dan sepatu, serta produk benih lainnya.

Baca Juga: Bea Cukai-BKHIT lakukan ekspor perdana ikan kerapu hidup sebanyak 3,2 ton dari Wakatobi ke Hong Kong.

Total nilai barang mencapai Rp4.316.556.718 dan potensi kerugian pemerintah sebesar Rp3.953.688.031, ujarnya.

Dani menjelaskan, timnya telah menyelesaikan 1.261 pekerjaan di bidang perpajakan dan perpajakan sepanjang tahun 2024 sehingga terhindar dari kerugian pendapatan pemerintah sebesar Rp16.556.648.166.

Baca juga: Bea dan Cukai sita ratusan ribu rokok ilegal di wilayah Semarang.

Pada saat yang sama, Departemen Pertahanan Daerah NTT Bali NTB juga melakukan 149 operasi terhadap PLTN dan menyita barang bukti sebanyak 50.514 gram.

“Pekerjaan PLTN kita pada tahun 2024 sebagian besar akan dilakukan pada jenis bagasi penumpang. Selain itu juga ada cara pengiriman melalui jasa pelayaran untuk berbagai jenis barang bukti narkotika,” ujarnya.

Ia mengapresiasi Kanwil Bea dan Cukai NTB NTT Bali yang mampu melaksanakan kerja jaminan sosial dengan baik.

Tidak sendirian, pengerjaannya akan dilakukan melalui kerja sama dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, kepolisian, TNI, dan pihak terkait lainnya.

“Terima kasih dan selamat kepada tim-tim yang telah bekerja dengan baik sepanjang tahun 2024,” ujarnya.

Danny juga mengatakan melalui kerja sama tim dan komitmen, timnya siap menghadapi tantangan ke depan. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *