PNM & Unilever Jalin Kerja Sama untuk Program Bu Karsa

saranginews.com, JAKARTA – PNM dan Unilever kembali berkolaborasi dalam program Bu Karsa (Ibu Sehat Keluarga Sejahtera) di tujuh kota/kabupaten se-Indonesia. 

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary mengatakan program ini bertujuan untuk mengedukasi konsumen mengenai PNM Mekaare (Mempromosikan Ekonomi Keluarga Sejahtera) dengan fokus pada empat tema utama.

Baca: PNM dukung pemerataan keuangan di wilayah 3T

Keempat topik tersebut meliputi pencegahan penyakit menular, kebersihan lingkungan dan keluarga, pengelolaan sampah, serta pedoman gizi melalui Resep Inspiratif “Nutrimenu” berdasarkan isi pedoman My Plate.

Sosialisasi ini dilakukan melalui account manager pada saat klien melakukan rapat tim mingguan (PKM).

Baca Juga: Holding Ultra Mikro 3 Tahun, Nasabah PNM Rasakan Manfaat Inklusi Keuangan

Pencapaian program ini melebihi target setiap tahunnya, kata Dodot. 

Sejak diluncurkannya program Bu Karsa pada tahun 2021, lebih dari 1.700 konsumen telah mendapatkan pelatihan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Dan bagaimana membuat menu bergizi yang sederhana dan terjangkau tergantung pendapatannya,” jelas Dodot.

Selain itu, perubahan perilaku juga ditunjukkan berdasarkan hasil survei terhadap 720 konsumen sebagai responden sampel.

Mekaar menunjukkan perubahan perilaku konsumen – 77,6 persen konsumen lebih sadar dan memahami tentang PHBS, dibandingkan sebelumnya 66,3 persen. 

Apalagi, jumlah responden rajin cuci tangan pada empat waktu utama meningkat 15,9 persen, dari sebelumnya 30,1 persen, kini meningkat menjadi 46 persen.

“Ini adalah langkah bagus untuk memperkenalkan kebiasaan baru yang baik dan menjaga kesehatan keluarga berpenghasilan rendah. “Ketika kesehatan menjadi prioritas, mereka bisa lebih produktif dan menjalankan usahanya lebih maksimal,” imbuhnya.

Program ini merupakan wujud nyata komitmen PNM yang tidak hanya memberikan dukungan modal ventura kepada klien PNM Mekaar, namun juga modal intelektual dan modal sosial.

“Target tahun ini menyasar 250.000 klien untuk sosialisasi dan perubahan kebiasaan dalam penerapan PHBS dan konsumsi makanan seimbang,” jelas Dodot.

Peluncuran kerjasama ini ditandai dengan acara peluncuran di RPTRA Tiga Durian Kalibata, Jakarta yang dihadiri oleh Khansa Harsty Assistant Sustainable Business Unilever dan PNM Cut Ria Dewanti, Head of Management Services dan TJSL Indonesia. (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *