Mahasiswa Kenali Langsung Proses Bisnis Bea Cukai Lewat Program Campus Goes to Customs

saranginews.com, PURWOKERTO – Bea Cukai melatih mahasiswa beberapa perguruan tinggi dalam kunjungan studi bertajuk ‘Kampus Menuju Kepabeanan’.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Bea dan Cukai untuk memperkenalkan tugas dan fungsinya kepada masyarakat.

BACA JUGA: Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono mengawasi langsung proses pelayanan di Bea Cukai Tanjung Priok

“Kunjungan studi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang peran kepabeanan dan perpajakan dalam perekonomian negara,” kata Kasubdit Humas dan Penasihat Bea Cukai Budi Prasetiyo dalam keterangan resmi, Selasa (1). /10).

Mempelajari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Selasa (24/9), Bea dan Cukai Purwokerto memberikan sosialisasi tentang peran lembaga tersebut dalam proses ekspor.

BACA JUGA: Kolaborasi dengan pemerintah daerah, otoritas bea cukai dan pajak gencar mengampanyekan pemberantasan tembakau ilegal melalui berbagai event

Bea dan Cukai bertugas mengelola dan memantau penerimaan negara dari sektor impor dan ekspor.

Diantaranya adalah pemungutan bea masuk (untuk impor), bea keluar (untuk ekspor), pajak impor dan bea cukai (untuk barang kena cukai).

BACA JUGA: APBN di jalur perekonomian global yang tidak menentu, hasil positif dari bea dan cukai

Bea dan Cukai juga berperan dalam memberikan bimbingan teknis kepada para pengusaha khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk melakukan ekspor secara mandiri.

Melalui program Klinik Ekspor, Bea Cukai memberikan informasi perizinan dan tata cara ekspor untuk membantu pelaku usaha memahami aturan kepabeanan yang berlaku.

Sementara itu, Bea Cukai Tanjungpinang memberikan pelatihan kepada mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Sekolah Tinggi Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang yang datang pada Kamis (26/9).

Para mahasiswa tidak hanya diberikan materi pengenalan kelembagaan, namun juga diajak turun ke lapangan untuk memahami proses pelayanan dan pengawasan yang dilakukan Bea Cukai Tanjungpinang.

Seluruh pelajar yang berjumlah 28 orang diminta datang ke Hangar Pelabuhan Sri Bintan Pura untuk mengamati proses pengawasan menggunakan mesin X-ray dan mengenal kapal patroli Bea dan Cukai.

“Kegiatan Campus Goes to Customs diharapkan bermanfaat dan menambah pengetahuan mahasiswa sehingga dapat membantu sosialisasi tugas dan fungsi kepabeanan dan perpajakan,” pungkas Budi. (tandai/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *