Penyakit Jantung Mengancam Kaum Muda, Dexa Medica Beri Skrining Gratis

saranginews.com, JAKARTA – Penyakit jantung tidak hanya mengancam orang lanjut usia, tapi juga menyerang kaum muda.

Yang lebih mengejutkan lagi, data Family Life Survey menunjukkan bahwa sekitar 27 persen penyakit jantung koroner terjadi pada orang yang berusia di bawah 35 tahun.

BACA JUGA: Begini Cara Mengurangi Garam, Tapi Makanan Tetap Enak

“Penting untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya penyakit jantung, khususnya di kalangan generasi muda,” kata Presiden PT Dexa Medica V Hery Sutanto, Selasa (9/10).

Sejalan dengan program nasional untuk menggalakkan olah raga dan pencegahan, Dexa Medica menghimbau masyarakat untuk menggalakkan gaya hidup sehat, termasuk melalui pemeriksaan kesehatan.

BACA JUGA: Bakar Lemak Perut Dengan Minum 3 Minuman Herbal Ini

Berdasarkan data BPJS Kesehatan, biaya pengobatan penyakit jantung di Indonesia pada tahun 2023 mencapai Rp 17,62 triliun dengan tercatat lebih dari 20 juta kasus.

“Tren peningkatan kasus penyakit jantung di kalangan usia muda menjadi penyebab buruknya kesehatan,” kata Direktur RS Haritas KM 7 (RS Myria), dr. Wanto, M.Kes.

BACA JUGA: Jalan Sehat HUT KAHMI ke-58 Keluhkan Voucher Double Doorprize

Di Sumsel sendiri, angka penyakit jantung tergolong tinggi, sekitar 45-50 persen kasusnya disebabkan oleh diabetes, hipertensi, dan kondisi kesehatan lainnya.

Selain itu, seringkali pasien mengalami kondisi yang serius karena tidak mengetahui pentingnya hidup sehat.

“Penyakit jantung bisa menyerang kapan saja, bahkan di usia muda. Deteksi dini penting untuk mencegah kematian mendadak akibat serangan jantung,” jelasnya.

Wakil Direktur Kedokteran & Penunjang Medis RS Haritas KM 7 dr. Ripka Renaldi, M.M., MARS menekankan pentingnya pemeriksaan rutin untuk menghindari masalah lebih lanjut.

Hal ini kemudian menjadi dasar bagi PT Dexa Medica untuk melaksanakan program Pemeriksaan Segitiga gratis di berbagai kota.

Pekerjaan ini mencakup pemeriksaan terhadap tiga penyakit utama: hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Selain evaluasi medis, acara ini juga menawarkan layanan konsultasi medis, pendidikan kedokteran, dan kegiatan olahraga interaktif.

Acara ini diadakan dalam rangka perayaan HUT Dexa Medica ke-55.

“Penting untuk memantau paparan, termasuk memantau kolesterol, untuk mencegah peningkatan penyakit jantung,” tutupnya. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *