Siap Hadapi Peak Season Natal & Tahun Baru, ASDP Perkuat Digitalisasi Melalui Ferizy

saranginews.com, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferries (Persero) bersiap menangani pertumbuhan penumpang antara Natal 2024 hingga Tahun Baru 2025.

Pertumbuhan penumpang diperkirakan mulai 15 Desember 2024 hingga 7 Januari 2025.

Baca Juga: 5 Tahun Implementasi Transformasi Digital, ASDP Tingkatkan Kinerja Transisi Nasional

Untuk menjamin kelancaran operasional di masa sibuk ini, ASDP fokus mengoptimalkan layanan pemesanan tiket kapal feri secara online melalui aplikasi Ferizy.

Sekretaris Perusahaan ASDP Shelvi Arifin menyoroti pentingnya keberhasilan penerapan sistem tiket online yang terbukti pada arus lalu lintas pulang pergi pada hari libur lalu, dengan lebih dari 98,2 persen penumpang tiba di Pelabuhan Bakauheni tepat waktu.

Baca Juga: ASDP Genjot Konektivitas Nusantara di Jalur 304, Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

“Kami mengimbau masyarakat untuk melakukan pembelian tiket secara online melalui Ferizy minimal 1 hari sebelum keberangkatan dan tiba di pelabuhan sesuai jadwal yang tertera pada tiket,” kata Shelvey dalam keterangannya, Senin (21/10).

Menurut Shelvi, digitalisasi ini membantu mendistribusikan arus penumpang secara lebih merata dan mempercepat proses pelayanan, mengurangi antrian, dan memastikan pencatatan manifes lebih akurat.

Baca Juga: Jelang Natal 2024, ASDP Ajak Masyarakat Pesan Tiket Sekarang Lewat Ferizy

Meningkatnya tren penggunaan aplikasi Ferizy juga menunjukkan bahwa masyarakat semakin percaya pada kemudahan dan keandalan platform pemesanan tiket berbasis aplikasi online dan website ini.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Ferizy telah mengalami pertumbuhan signifikan dari 438.105 pengguna di tahun pertama menjadi 2,5 juta pengguna pada September 2024.

Saat ini layanan digital ASDP telah diterapkan di 47 pelabuhan di seluruh Indonesia sehingga pengguna dapat membeli hingga tiket H-60 ​​sebelum keberangkatan.

ASDP juga menyediakan berbagai metode pembayaran mulai dari transfer bank hingga e-wallet untuk memberikan fleksibilitas kepada pengguna layanan di cabang Surabaya.

Sementara ASDP memperluas layanan e-ticketing di cabang Surabaya mulai 8 Oktober 2024 yang meliputi pelabuhan Bawen, Pasiran, dan Gresik.

Melalui website trip.ferizy.com, ASDP memudahkan pekerjaan masyarakat yang ingin memesan tiket transit.

“Dengan digitalisasi ini, pengguna jasa tidak perlu khawatir kehabisan tiket karena bisa memesan terlebih dahulu penerbangannya. Sesampainya di pelabuhan, pengguna yang sudah memiliki tiket dijamin bisa berangkat.”

ASDP mengoperasikan 6 kapal pada total 9 rute termasuk 3 rute perintis di Surabaya.

Berdasarkan data periode 1 Januari hingga 31 Agustus 2024, jumlah penumpang rute Gresik-Baven meningkat 40 persen menjadi 20.167 orang dan jumlah kendaraan meningkat 11 persen menjadi 2.758 orang.

Sedangkan jumlah penumpang rute Kalianget-Kanjan tercatat sebanyak 12.282 orang dengan penurunan kendaraan roda dua sebesar 12 persen dan peningkatan kendaraan roda empat sebesar 24 persen.

Jumlah truk logistik pada jalur ini juga meningkat 35 persen mencapai 1.426 unit. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *