Menteri Anas Sebut Kolaborasi Percepatan Reformasi Berdampak Langsung pada Masyarakat

saranginews.com, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi 91 Pemerintah Daerah (Pemda) yang mendapat Penghargaan Praktik Tata Kelola Terbaik pada Anugerah Pandu Negara Tahun 2024.

Menteri Anas menilai, penghargaan kepada pemerintah daerah menunjukkan komitmen nyata pemerintah dalam melaksanakan reformasi birokrasi yang berdampak langsung kepada masyarakat.

BACA JUGA: Menteri Anas jelaskan progres dan sistem mutasi ASN ke IKN, ada kasus lain

“Selamat kepada para penerima penghargaan yang telah mendukung dan terus menerapkan praktik manajemen terbaik di sektor publik,” kata Menteri Anas saat menjadi keynote speaker pada acara Pandu Negeri Anugerah 2024 di Jakarta, Kamis (5/9).

Menteri Anas juga mengapresiasi acara Anugerah Pandu Negeri yang secara rutin mengevaluasi praktik tata kelola pemerintah daerah.

BACA JUGA: Menteri Anas jelaskan akuntansi pegawai non-ASN melalui 3 peraturan di DPR II ini. Komite

Mantan Gubernur Banyuwangi ini mengatakan, inovasi dan kerja sama lintas sektoral di lembaga pemerintah harus diperkuat dengan tetap menerapkan praktik tata kelola dan tata kelola yang baik.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mempercepat reformasi birokrasi melalui reformasi birokrasi tematik.

BACA JUGA: Menteri Anas mengapresiasi pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian BUMN

Berdasarkan kajian yang dilakukan Delloite, sudah saatnya berkolaborasi membangun inovasi, bukan saling bersaing. Tidak ada aktor yang bisa mencapai tujuan tanpa mempengaruhi aktor lain, kata Menteri Anas.

Promotor Institut Manajemen Publik Indonesia (IIPG) yang juga Ketua Umum IICD-IIPG 2012-2024, Sigit Pramono, mengatakan IIPG merupakan mitra strategis pemerintah untuk mendukung reformasi manajemen sektor publik. untuk mencapai hasil terbaik. dengan menjaga sinergi dan harmonisasi antar sektor.

“Kami berharap penghargaan ini terus mendukung dan mendorong pemerintah daerah untuk selalu menerapkan praktik tata kelola dan inovasi terbaik di daerah untuk meningkatkan daya saing berkelanjutan,” tutup Sigit.

FYI: Penghargaan Pandu Negeri merupakan salah satu jenis penghargaan yang diberikan oleh IIPG kepada pemerintah provinsi, kabupaten atau kota, khususnya di daerah 3D (perbatasan, tertinggal, paling pinggiran), yang telah mencapai kinerja dan praktik tata kelola yang baik di wilayahnya. . (mk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *