Tesla Robovan, Bus Listrik yang Punya Tampilan Retro-Futuristik

saranginews.com, Los Angeles – Tesla kembali melakukan inovasi dengan menghadirkan prototipe RoboVan ke publik di Los Angeles, AS, pada Kamis malam (10/10) waktu setempat.

CEO Tesla Elon Musk mengatakan RoboVan merupakan kendaraan listrik otonom seukuran bus yang dirancang untuk mengangkut orang di perkotaan.

Baca Juga: Tesla Luncurkan Prototipe Robotika Cybercab, Diklaim Harganya Terjangkau

Ia mengatakan, kendaraan ini mampu mengangkut 20 orang sekaligus dan bisa digunakan untuk membawa barang

“Kami akan membangun ini dan itu akan tampak hebat,” kata Musk Kamis malam saat Robovan tampil di panggung utama, seperti dikutip TechCrunch (10/10) pada Kamis.

Baca Juga: Ribuan Truk Cyber ​​Tesla Ditarik Karena Masalah Kamera

Musk tidak mengatakan berapa harga RoboVan atau kapan prototipe mobil tersebut akan diproduksi.

Robovan memiliki tampilan retro futuristik. Eksteriornya menampilkan aksen hitam dengan sisi perak metalik, serta garis-garis tipis di sepanjang tepinya, dengan pintu yang terbuka dari tengah.

Baca Juga: Tesla Cyber ​​​​Truck Hadir di Indonesia, Berikut Detail dan Harganya

Di dalamnya terdapat ruang santai dan ruang berdiri, dikelilingi jendela berwarna gelap. Tidak ada roda kemudi karena kendaraan sepenuhnya otonom.

“Salah satu hal yang ingin kami lakukan, dan kami telah melakukannya dengan Cybertruck – adalah kami ingin mengubah tampilan jalan,” kata Musk.

Robot ini terlihat mirip dengan lengan robot lainnya, seperti yang dirancang oleh Zoox dan Cruise. Bedanya Tesla Van jauh lebih besar.

Di Tiongkok, WeRide telah menciptakan salah satu robot semacam itu.

Selain RoboVan, Musk juga meluncurkan prototipe robot taksi bernama CyberCab di acara tersebut.

Tesla menargetkan memproduksi 20 juta mobil pada tahun 2030. Untuk mencapai hal tersebut, Tesla harus meningkatkan produksi dan penjualan sebanyak 15 kali lipat pada tahun 2022.

Pada sebuah acara Kamis malam, Musk tidak mengungkapkan rencana apa pun untuk membangun fasilitas manufaktur baru atau mengganti fasilitas yang ada untuk menampung CyberCab atau RoboVan.

Ia juga belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai jadwal peluncuran Robovan, meski memperkirakan CyberCab akan mulai diproduksi pada tahun 2026 atau 2027. (antara / jpnn)

Baca artikel lainnya… Tesla Model Y kini mampu menempuh jarak 515 km

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *