Begini Cara Parkir Mobil Bertransmisi Matik, Awas Jangan Sampai Salah

saranginews.com, JAKAARTA – Banyak pengguna mobil bertransmisi matic atau matic yang masih bingung menggerakkan tongkat di dalam mobil saat parkir.

Padahal hal ini sangat penting untuk menjamin keamanan dan performa kendaraan.

BACA JUGA: Cara Merawat Mobil Matic Agar Tahan Lama, Perhatikan Ini, Penting Sekali!

Yannes Martinus Pasaribu, pakar otomotif Institut Teknologi Bandung, mengatakan sebagian besar pengguna akan mengalami kerusakan jika tidak memindahkan saluran transmisi dengan benar.

Sistem ini penting untuk mencegah kerusakan transmisi, memberikan keamanan tambahan, dan meningkatkan kenyamanan selama pengoperasian kendaraan, ujarnya kepada ANTARA, Kamis.

BACA JUGA: Ini cara cek oli transmisi matic, mudah saja

Beberapa pengemudi berpendapat bahwa cara terbaik untuk mendapatkan parkir otomatis adalah dengan memindahkan transmisi ke “P” atau “Parkir” dan kemudian menginjak rem.

Beberapa menggunakan yang sebaliknya.

BACA LEBIH LANJUT: 5 Tips Berkendara Aman Saat Banjir

Beberapa pengemudi bahkan mengira mobilnya akan berhenti ketika tidak bisa memperhatikan parkir pada situasi tertentu.

Namun, Yannes mengabarkan, langkah menghentikan mobil matic yang baik dan benar adalah dengan mengaktifkannya terlebih dahulu dengan menekan pedal rem secara perlahan hingga mobil berhenti.

Kemudian tarik pegangannya agar kendaraan tidak bergerak, terutama di jalan yang tidak rata.

Lalu pindahkan transmisi ke N (Netral) agar mesin hidup tanpa terlalu banyak gigi, jelas Yannes.

“Setelah itu lepas pedal rem, pastikan rem berfungsi dengan baik dan kendaraan dalam keadaan stasioner, lalu pindahkan posisi parkir ke P (Parkir) untuk membuka transmisi. Terakhir matikan mesin,” imbuhnya.

Menerapkan rem tangan saat transmisi otomatis masih di D atau R dapat merusak transmisi akibat tekanan berlebihan pada mesin yang digunakan untuk menyalurkan tenaga ke roda penggerak.

Selain itu, tindakan ini dapat menyebabkan keausan material dan kemungkinan kerusakan karena motor dan roda masih terhubung.

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk berpindah ke N sebelum menerapkan rem tangan untuk memastikan pengoperasian mesin dan transmisi yang benar. (Antara/jpnn)

BACA… Jangan salah, beginilah Parkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *