Gercep Setelah Dilantik, Menlu Sugiono Temui Sekjen Organisasi Pembebasan Palestina

saranginews.com, KAZAN – Menteri Luar Negeri Sugiono kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina, yang kali ini berujung pada pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

Pertemuan antara Sugiono dan Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif PLO Hussein Al-Sheikh berlangsung di sela-sela KTT BRICS Plus 2024 di Kazan, Rusia, pada Rabu.

BACA JUGA: Sugiono Jadi Perhatian Dunia

“Saya akan memastikan bahwa isu Palestina selalu menjadi yang terdepan dalam diplomasi Indonesia, dan kami akan terus berdiri teguh bersama rakyat Palestina,” kata Sugiono seperti dikutip dari keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Rabu.

Menlu RI menyampaikan, komitmen Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina juga ditegaskan oleh Prabowo Subianto dalam pidato pertamanya usai menjabat sebagai Presiden RI di Jakarta pada 20 Oktober lalu.

BACA JUGA: Sugiono bertekad melanjutkan perjuangan Retno Marsudi

Dukungan tersebut, kata Sugiono, akan diberikan Indonesia melalui dukungan politik terhadap Palestina, termasuk terus mendorong gencatan senjata permanen dan upaya perdamaian lainnya untuk mencapai solusi dua negara yang didukung komunitas internasional.

Indonesia, kata Menlu, tetap berkomitmen untuk melanjutkan bantuan kemanusiaan ke Palestina, baik secara bilateral maupun melalui badan PBB seperti UNRWA.

BACA JUGA: Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tak Takut Hadapi Terorisme Israel di Markas UNIFIL di Lebanon

Sugiono juga mengatakan kepada Al-Sheikh bahwa Indonesia selalu mendorong upaya bersama di tingkat regional dan global untuk mendorong perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah, menurut pernyataan tersebut.

Menlu RI menyampaikan harapannya pertemuan BRICS di Rusia kali ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat kerja sama kekuatan-kekuatan positif untuk terus berupaya menuju berakhirnya agresi Israel di Palestina dan terwujudnya negara Palestina yang merdeka.

Kedatangan Sugiono ke Rusia untuk mengikuti KTT BRICS Plus, sebagai utusan khusus Presiden Prabowo, merupakan kunjungan resmi pertamanya setelah dilantik menjadi Menlu RI pada Senin (21/10).

KTT BRICS ke-16 di Kazan, Rusia, berlangsung antara tanggal 22 dan 24 Oktober dan dihadiri oleh perwakilan 32 negara — 24 di antaranya diwakili oleh kepala negara — serta Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (semut/dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *