Bea Cukai Mengenalkan Pendidikan Kepabeanan Lewat Kunjungan ke Sekolah-Sekolah

saranginews.com, YOGYAKARTA – Bea dan Cukai melalui unit vertikalnya di berbagai daerah terus berupaya memberikan pemahaman kepada akademisi mengenai tugas dan fungsi lembaga kepabeanan serta peraturan kepabeanan dan cukai yang berlaku.

Seperti yang dilakukan Kantor Bea dan Cukai Daerah (Kanwil) Jawa Timur II dan Bea Cukai Yogyakarta dengan mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengajak siswa mengenal profil, tugas dan fungsi instansi tersebut, serta adat istiadat kulit. dan peraturan cukai.

BACA JUGA: Bea Cukai memfasilitasi UMKM untuk menggarap pasar ekspor melalui program ini

Pada Rabu (9/10), Bea dan Cukai Yogyakarta mengunjungi Candi SMK Negeri 1 dan menyelesaikan program pengajaran guru tamu.

Tugasnya adalah mengenalkan peran Bea dan Cukai dalam perdagangan internasional kepada 40 mahasiswa peserta program ini.

BACA JUGA: Bea Cukai Semarang Gagal Kirimkan Rokok Ilegal Senilai Rp 2,8 Miliar, Begini Kronologinya

Kepala Seksi Pertimbangan dan Penerangan Bea dan Cukai Yogyakarta, Riri Riani, mengatakan Program Visiting Teacher yang rutin dijalankan SMK Negeri 1 Tempel ini sebagai sarana belajar siswa sekaligus mendapatkan gambaran penerapan ilmu di lapangan. praktik.

“Kami sebagai pengajar yang diundang menyampaikan materi terkait perdagangan internasional dan peran Bea dan Cukai dalam arus perdagangan internasional,” kata Riri Riani dalam keterangan resminya, Rabu (23/10).

BACA JUGA: Cari 2 Kendaraan, Bea Cukai Teluk Bayur dan BNNP Sumbar Temukan Ratusan Paket Ganja

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Program Studi Teknik Logistik SMKN 1 Tempel Eva Sofi’ah berharap generasi muda semakin mengenal kepabeanan dan cukai serta semakin mengenal peraturan kepabeanan dan cukai.

“Para pelajar juga diharapkan semakin sadar akan pentingnya mematuhi peraturan yang berlaku,” kata Eva.

Kegiatan serupa juga dilakukan Kanwil Bea dan Cukai Jatim II dengan memberikan pengajaran field trip di SMK Nahyada Global pada Selasa (15/10).

Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk lebih mengenal profil, tugas dan fungsi Bea dan Cukai, serta mempelajari peraturan kepabeanan dan cukai.

Kepala Seksi Kepatuhan dan Humas Kanwil Bea dan Cukai Jawa Timur II Bindu Maruli Damanik mengatakan, pihaknya memberikan materi mengenai profil Bea Cukai, visi dan misi, tugas dan fungsi lembaga tersebut. peran Bea dan Cukai. dalam APBN, serta kinerja Kanwil Bea dan Cukai Jawa Timur II.

Dalam kegiatan ini para mahasiswa juga berkesempatan untuk mempelajari materi kepabeanan yaitu aturan-aturan bagasi penumpang dan barang-barang yang dikirim dari luar negeri.

“Para pelajar sangat antusias mengikuti acara tersebut. Kami berharap Bea dan Cukai semakin mengenal dan mendekatkan diri kepada pelajar dan masyarakat dengan adanya acara ini”, harapnya.

Kunjungan ke sekolah merupakan salah satu cara Bea dan Cukai menjangkau civitas akademika khususnya pelajar.

Dengan memberikan materi tentang peraturan kepabeanan dan cukai, mahasiswa diharapkan mampu memahami, menaati dan menyampaikan informasi yang benar atas penerapan peraturan tersebut. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *