Berkomitmen Bangun Bisnis Berkelanjutan, Danone Indonesia Raih Sertifikasi B Corp

saranginews.com JAKARTA – Danone Indonesia yang beranggotakan Danone-AQUA dan Danone Specialty Nutrition Indonesia berhasil meraih sertifikasi B Corporation atau B Corp untuk kategori nutrisi spesialis dengan skor 98,6.

Kinerja sosial dan lingkungan B Corp secara keseluruhan diberikan oleh B Lab; Sertifikasi bagi perusahaan yang memenuhi standar transparansi dan akuntabilitas yang tinggi.

Baca Juga: Danone Indonesia Raih Penghargaan Atas Upaya Melestarikan Kelestarian Alam

Sementara itu, B Lab adalah organisasi nirlaba yang fokus pada pemberdayaan perusahaan nirlaba untuk meningkatkan dampak positif dari operasi mereka dan mendorong bisnis untuk kebaikan.

Pada tahun 2018 dan 2021, Danone-AQUA memperoleh sertifikasi B Corp dengan peningkatan, menjadi FMCG pertama di Indonesia yang berhasil memperoleh sertifikasi bergengsi tersebut.

Baca Juga: Danone Indonesia Raih Penghargaan Top Halal 2024

Laurent Boissier, CEO Danone Indonesia, mengatakan sejalan dengan tujuan Danone Impact Journey (DIJ), Danone Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan dampak positif dari operasionalnya. terutama kesehatan lingkungan hidup dan tata kelola masyarakat; Transparansi.

Keberhasilan Danone Indonesia dalam meningkatkan hasil setiap mendapat sertifikasi B Corp pada tahun 2018 hingga 2024 menjadi bukti nyata komitmen tersebut.

“Kami bangga menjadi perusahaan bersertifikasi B Corp lagi. “Bagi kami, A B Corp lebih dari sekedar sertifikasi; Ini adalah gerakan untuk menciptakan dunia yang lebih baik melalui praktik bisnis yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif,” jelas Laurent.

Saat ini Indonesia sedang dalam kondisi perekonomian yang Hal ini menghadapi tantangan kompleks yang mencakup berbagai dimensi sosial dan lingkungan.

Menurut BPS, 9,79 persen penduduk Indonesia termasuk dalam kelompok miskin, dan ketimpangan sosial semakin terlihat jelas saat ini, ketimpangan pengeluaran (Gini Ratio) penduduk Indonesia sebesar 0,379.

Di sisi lain, Indonesia merupakan penghasil emisi karbon terbesar kedua, terutama dari sektor konversi lahan, yang berdampak pada kelangsungan hidup masyarakat dan organisme di dalamnya.

CEO B Lab untuk Asia Tenggara, Thomas Ng, menjelaskan menjawab tantangan yang ada saat ini memerlukan peran aktif dari berbagai pihak di industri, tidak hanya sekedar berorientasi pada keuntungan, namun dengan berbisnis.

Namun, dia menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan efek yang baik.

Sertifikasi B Corp hadir untuk menilai cara kerja praktik bisnis secara keseluruhan, seperti Danone Indonesia, untuk mengukur bagaimana model bisnis mereka berdampak pada lingkungan dan masyarakat.

“Terlihat juga Danone Indonesia kuat dalam memanfaatkan kekuatan perekonomian dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil audit yang semakin meningkat setiap tahunnya dan jenis usaha lainnya,” kata Thomas.

Sebagai bagian dari proses evaluasi untuk memperoleh sertifikasi B Corp, B Lab, sebagai organisasi sertifikasi nirlaba, komunitas, lingkungan pelanggan, Memberikan evaluasi pada 5 sektor termasuk manajemen dan ketenagakerjaan.

Kelima pilar ini sejalan dengan ambisi pemerintah untuk mencapai tujuan keberlanjutan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *