Luhut Binsar Resmikan Pusat Pelatihan Atletik Nasional, Ini Pesannya

saranginews.com – BANDUNG – Menteri Kelautan dan Investasi Luhut Banser Pandjatan meresmikan Stadion Olahraga Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) sebagai Pusat Latihan Atletik Nasional di Lapangan Babakan Tanara, Desa Banjarsari, Bandung. Buka DiRegt, Jawa Barat.

Lohut yang juga Ketua Umum PB PASI mengatakan, Pusat Atletik Nasional ini berstandar internasional dan dilengkapi fasilitas seperti hotel. 

Baca Juga: Pusdiklat Atletik Penglangan Bakal Lahirkan Penerus Zehri.

Pusat Latihan Atletik Nasional yang terletak di lahan seluas 10 hektar ini mampu menampung 100 atlet.

Pusdiklat juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana seluruh cabang olahraga, antara lain dua lintasan 8, tambahan lintasan lari 100m, lompat jauh dan lompat ganda, lempar lembing. 

Baca juga: PON XXI Aceh-Sumut Banyak Dikeluhkan, PASI DKI Banyak Tunjukkan Rekor Pertandingan

Kemudian lintasan pacuan kuda, lempar cakram, lempar palu, lompat galah, tolak peluru, lompat tinggi, fasilitas lari bukit dan tribun penonton. 

Fasilitas lain seperti gimnasium, ruang ganti pemain, ruang kelas, gedung asrama dan tempat parkir kendaraan yang luas juga telah dikembangkan. 

Baca Juga: PB PASI Gandeng Mills Jadi Seragam Resmi Timnas Atletik Indonesia.

Menurut Lohut, para atlet bisa memanfaatkan Pusat Atletik Nasional untuk persiapan menghadapi kompetisi internasional. 

“Kita bergantung pada latihan di stadion media. Jadi polusi udaranya sudah sangat buruk. Jadi sekarang kita sudah merencanakannya selama tiga tahun dan presiden menyetujuinya,” kata Luhut usai pelantikan. , Kamis (10/10). 

Menurut Lohut, kehadiran pusat pendidikan ini akan meningkatkan prestasi para atlet tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional.  Target terdekatnya adalah memecahkan rekor di Asian Games 2026.

Kita berharap tidak hanya memecahkan rekor Indonesia saja, tapi juga memecahkan rekor ASEAN, alhamdulillah ASEAN, kata Luhut Bansar Pandjitan. (mcr27/jpnn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *