Arab Saudi vs Timnas Indonesia: Elang Hijau Berpengalaman, Garuda tak Silau

saranginews.com, Jeddah – Ujian berat akan dihadapi Timnas Indonesia pada laga pertama Grup C babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Arab Saudi.

Laga krusial tersebut akan dilangsungkan di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah pada Kamis malam waktu setempat (5/9/2024) atau dini hari WIB pada Jumat (6/9/2024).

Baca Juga: Timnas Arab Saudi Vs Indonesia: Victor Igbonefo Kenang Debutnya

The Green Falcons atau Elang Hijau -julukan Arab Saudi- menjadi favorit di laga kali ini.

Selain menjadi tuan rumah, Arab Saudi lebih berpengalaman dibandingkan Indonesia saat ini.

Baca juga: Ini Strategi Roberto Mancini Hadapi Timnas Indonesia

Tim yang dipimpin Roberto Mancini ini merupakan wakil tetap Asia di Piala Dunia. Green Falcons telah enam kali melaju ke final turnamen sepak bola paling bergengsi di negara itu.

Di sisi lain, Indonesia berharap bisa memainkan Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

Baca Juga: Timnas Arab Saudi Vs Indonesia: Pintu Menuju Piala Dunia

Indonesia awalnya tampil di Piala Dunia edisi 1938, namun saat itu juga disebut Hindia Belanda.

Tim Garuda kini bercita-cita lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 yang digelar di tiga negara yakni AS, Kanada, dan Meksiko.

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, Indonesia harus melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, dimana Risky Rido dan kawan-kawan harus berhadapan dengan negara-negara kuat di Asia.

Arab Saudi menjadi ujian pertama bagi tim Merah Putih. Di atas kertas, Indonesia tidak difavoritkan pada laga ini.

Meski demikian, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong tetap optimistis timnya bisa menorehkan keajaiban. Nama besar Arab Saudi memang tak mengejutkan desainer asal Korea tersebut.

“Kami memang berada di grup tersulit, tapi kami tidak akan menyerah,” kata pelatih yang akrab disapa STY itu.

STY pun membawa kembali kenangan masa lalunya sebagai pelatih timnas Korea.

Saat itu, STY mampu membawa Korea mengalahkan tim kuat Jerman di babak penyisihan grup Piala Dunia 2018, sesuatu yang ingin ditiru oleh Shin Tae Yong saat Indonesia menghadapi Arab Saudi.

“Di Piala Dunia 2018, saya punya kenangan melawan Jerman, kami memainkan pertandingan yang sangat bagus. Di sini kami mempersiapkan diri dengan baik,” lanjutnya.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan berlangsung mulai 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025 dengan menggunakan format kandang dan tandang.

Usai menghadapi Arab Saudi, Timnas Indonesia akan menjamu Australia pada 10 September (mcr15/jpnn) di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *