Durasi YouTube Shorts Kini Makin Panjang Jadi 3 Menit

saranginews.com, JAKARTA – YouTube kembali menyempurnakan layanan video pendeknya – Shorts dengan menambah durasinya menjadi 3 menit.

Dengan cara ini, para kreator bisa lebih leluasa dalam membuat video pendek, dan tidak lagi dibatasi waktu yang sangat singkat.

BACA JUGA: YouTube memperkenalkan banyak fitur baru untuk Shorts

Direktur Manajemen Produk YouTube Shorts, Todd Sherman, mengatakan kreator bisa mengunggah video pendek berdurasi hingga tiga menit itu mulai 15 Oktober 2024.

“Ini adalah fitur yang paling banyak diminta dari pengembang, jadi kami bersemangat untuk memberikan lebih banyak kesempatan kepada pengembang untuk menceritakan kisah mereka,” kata Todd dalam sebuah postingan blog.

BACA: Celana pendek YouTube sekarang tersedia untuk pelanggan berbayar

Klip berdurasi 3 menit berlaku untuk video yang memiliki rasio aspek atau aspek rasio lebih tinggi.

Setelah itu, YouTube akan meningkatkan rekomendasinya untuk video Shorts yang lebih panjang dalam beberapa bulan mendatang.

BACA JUGA: Unggah stiker Anda sendiri kini tersedia untuk semua pengguna YouTube Shorts

Selain menambah panjang Shorts, YouTube juga melakukan beberapa pembaruan pada pembuatan konten.

Misalnya, dengan menyediakan template, pembuat YouTube Shorts dapat dengan mudah mengikuti tren terkini, dan mengubah rekaman videonya menjadi lagu viral atau tren lainnya.

Untuk mencoba template tersebut, pengguna dapat memilih opsi “Remix” di Shorts dan memilih “Gunakan template ini” untuk membuat versi mereka sendiri.

Selain itu, YouTube akan menghadirkan Veo, model AI Google yang dapat membuat video menjadi Shorts.

“Kreator akan dapat mewujudkan idenya dengan video yang lebih menakjubkan dan video unik, sehingga membuat video Shorts ini semakin mengesankan tahun ini,” kata Todd.

Terakhir, YouTube juga memberikan pembaruan untuk memungkinkan pengguna mengubah preferensi mereka dalam mengakses konten Shorts.

Jika tampaknya terlalu berlebihan, pengguna YouTube dapat memilih opsi “Tampilkan Lebih Sedikit Celana Pendek” dengan mengeklik menu tiga titik di kanan atas setiap kisi Celana Pendek di umpan beranda.

Setelah itu, pengguna akan memiliki lebih sedikit konten Shorts di halaman beranda mereka. (eng/jpnn)

LIHAT ARTIKEL LAINNYA… Bekerjasama dengan Shopee, Program Afiliasi YouTube Shop resmi diluncurkan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *