Ini Langkah Strategis Bea Cukai Dukung Keberlangsungan Industri Dalam Negeri

saranginews.com, KABUPATEN SEMARANG – Bea dan Cukai terus meningkatkan layanan dukungan korporasinya dengan memberikan pembinaan kepada perusahaan penerima bantuan kepabeanan.

Salah satu langkahnya adalah dengan memberikan pelatihan peralatan IT di PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia pada Rabu (18/9).

BACA LEBIH LANJUT: Pengendalian bea cukai dan kejahatan dalam ekspor kopi Papua ke Jepang dan Belanda

Selain itu, pada Senin (14/10) ada audiensi di PT Wahana Logistindo Abadi terkait kemungkinan penggunaan Badan Logistik Kepabeanan (PLB).

Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan kompetensi pegawai, Bea dan Cukai Semarang mengikuti pelatihan perizinan peralatan IT bersama PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia sebagai anak perusahaan.

BACA JUGA: Begini Upaya Bea Cukai Bantu Pelaku UMKM Dapatkan Pasar Ekspor

Manajemen perseroan pun turut mengikuti pelatihan yang berlangsung pada Rabu (18/9).

Pembelajaran yang didapat mencakup pemahaman tentang bidang terkait dan penguatan alat TI.

BACA JUGA: Pengiriman 266.600 Lobster Dihentikan, Bravo Bea Cukai Batam!

Direktur Humas dan Komunikasi Kepabeanan, Budi Prasetiyo, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk menyebarkan pengetahuan para karyawan mengenai manfaat dan layanan yang terkait dengan perusahaan di bidang kepabeanan, khususnya dan penerapan sistem akuntansi TI.

“Dengan pemahaman yang lebih baik, kami berharap regulator dapat memanfaatkan teknologi ini secara maksimal agar perusahaan lebih efisien dan memenuhi persyaratan hukum,” kata Budi dalam pengumumannya, Rabu (16/10).

Bea dan Cukai Tarakan juga mengadakan sesi motivasi dari audiensi di PT Wahana Logistindo Abadi pada Senin (14/10).

Dalam audiensi di Kantor Bea Cukai Tarakan dibahas kemampuan perusahaan untuk memperoleh Sarana Pergudangan (TPB) berupa Pusat Logistik Kepabeanan (PLB) Kepabeanan.

PLB adalah perusahaan yang memperbolehkan perusahaan menyimpan barang di dalam atau di luar daerah pabean untuk jangka waktu tertentu, dengan kemampuan melakukan tugas sederhana seperti pembongkaran, pengisian, dan penyimpanan.

Dengan adanya peralatan PLB, PT Wahana Logistindo Abadi mempunyai kemampuan untuk memperoleh berbagai manfaat seperti: B. Pekerjaan lebih cepat dan penghematan biaya serta penghematan biaya.

Fasilitas ini juga diharapkan dapat berkontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Kalimantan Utara.

“Kedua rencana ini merupakan bagian dari perjanjian Bea dan Cukai untuk memberikan dukungan yang baik kepada industri, menjadikan pemanfaatan kantor bea cukai mendukung pertumbuhan perekonomian nasional dengan meningkatkan efisiensi perusahaan penerima,” pungkas Budi. (mrk/jpnn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *