Pegadaian Gelar The Gade Sociopreneurship Challenge 2024, Pebisnis Muda Mari Merapat!

saranginews.com, JAKARTA – Pegadaian kembali menyelenggarakan The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) 2024, sebuah platform kompetisi bagi mahasiswa Indonesia untuk mempresentasikan ide bisnis inovatif yang menjawab tantangan sosial sekaligus mendorong pertumbuhan kewirausahaan berkelanjutan.

Pendaftaran dibuka mulai 10 September 2024 hingga 29 Oktober 2024.

BACA JUGA: Cantik sekali! Agen Hebat Pegadaian Raih Penghargaan Mitra BUMN Juara 2024

TGSC 2024 merupakan bagian dari inisiatif Environmental, Social and Governance (ESG) PT Pegadaian yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan khususnya nomor 4 dan 8 yaitu Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Kegiatan ini akan berlangsung melalui beberapa tahapan penting. Sepuluh tim teratas akan dipilih melalui proses seleksi ahli yang ketat dan akan menerima bimbingan dan bimbingan langsung dari para profesional industri dan akademisi di bidang kewirausahaan sosial.

BACA JUGA: SIG raih 2 hibah INDI 4.0 tahun 2024 dari Kementerian Perindustrian

Para finalis ini kemudian akan mempresentasikan ide bisnisnya dalam sesi pitching yang akan dilaksanakan pada November 2024.

“Melalui tantangan ini, PT Pegadaian ingin memberdayakan generasi sosio-entrepreneur masa depan. Kami percaya bahwa ide-ide kreatif generasi muda dapat menjadi solusi atas berbagai tantangan sosial dan lingkungan yang kita hadapi saat ini tetapi juga tentang membangun masa depan, masa depan Indonesia yang lebih baik dan inklusif,” kata Eka Pebriansyah, Direktur Jaringan, Operasional, dan Penjualan PT Pegadaian.

BACA JUGA: Le Minerale menilai dirinya penuh perhatian dan berkomitmen mengurangi limbah, mendapat pujian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Sejak digagasnya TGSC pada tahun 2023, program ini telah berhasil menarik 516 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, meliputi 75 perguruan tinggi dan 46 kota/kabupaten.

Proyek yang diusulkan mencakup berbagai sektor penting seperti kesehatan, lingkungan hidup, dan pembangunan ekonomi, dengan lebih dari 54% proyek berfokus pada inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Pencapaian ini menjadi motivasi kuat TGSC 2024 untuk menjaring lebih banyak inovator muda di seluruh Indonesia.

Roadshow TGSC 2024 juga akan dilaksanakan di berbagai kampus di seluruh Indonesia antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Airlangga.

Roadshow ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menarik lebih banyak calon peserta di kalangan pelajar. Dalam roadshow ini, narasumber yang terdiri dari sosio-entrepreneur lokal, akademisi dan perwakilan PT Pegadaian akan berbagi ilmu mengenai kewirausahaan sosial dan bagaimana bisnis dapat menjadi solusi permasalahan sosial di masyarakat.

Bagi mahasiswa yang berminat mengikuti TGSC 2024, dapat segera mendaftar melalui website resmi https://portal.gadesociopreneur.id/register atau mengunjungi The Gade Creative Lounge yang tersebar di 20 universitas di Indonesia.

Pendaftaran dibuka hingga tanggal 29 Oktober 2024 dan peserta wajib mengajukan proposal bisnis sosial sesuai kriteria yang telah ditetapkan (adv/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *