Perpaduan Tradisi dan Inovasi dalam Koleksi The 5 Senses of Batik

saranginews.com, JAKARTA – Desainer Amanda Hartanto merayakan Hari Batik Nasional 2024 dengan menghadirkan koleksi barunya di acara bertajuk ‘The 5 Senses of Batik’ pada 2 Oktober.

Koleksi ini memberikan pengalaman unik yang memungkinkan pengunjung merasakan batik secara utuh, sebuah hal baru yang membawa batik ke banyak sisi.

BACA JUGA: Hari Batik Nasional, HIPMI Jaya Gelar Fashion Show di Terminal Bus TransJakarta

Menurut Amanda Hartanto, batik bukan sekadar pakaian, melainkan warisan budaya yang memiliki makna mendalam di setiap coraknya.

“Proses produksinya yang rumit semakin menyempurnakan keindahan batik sebagai sebuah karya seni yang patut dibanggakan,” kata Amanda, dalam keterangannya, Senin (7/10).

BACA JUGA: Peringati Hari Batik Nasional 2024, Tokopedia Dukung UMKM Lokal Lewat Promosi

Batik Amanda Hartanto (AHB) yang telah berdiri lebih dari satu dekade ini terus memadukan unsur tradisional dan modern dalam setiap desainnya.

Untuk koleksinya kali ini, Amanda menghadirkan tema Hong Bird yang melambangkan keberuntungan dan pemberdayaan, serta tema bunga cerah yang melambangkan keberanian dan semangat baik.

BACA JUGA: Kain Batik Abu-Abu Diluncurkan di HBN 2024

Bekerja sama dengan DORE by LeTAO, Amanda menghadirkan instalasi karya Prolog Design, berupa kue batik dan aroma lilin memenuhi ruangan.

“Saya berharap generasi muda semakin memahami dan mencintai batik. Batik merupakan warisan budaya yang patut dilestarikan dan dibanggakan,” ujarnya.

Amanda pun mengajak semua orang untuk semakin mencintai batik. Menurutnya, dengan dukungan banyak pihak, warisan batik bisa dilestarikan.

“Kalau mau lari jauh harus bersinergi dan saling mendukung,” kata Amanda Hartanto. (jlo/jpnn) Dengar! Video Pilihan Editor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *