GSI SMP Jadi Ajang Kemendikbudristek Menyeleksi Talenta Muda Terbaik

saranginews.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar Gala Pelajar Indonesia Nasional (GSI) SMP 2024. Tahun ini merupakan acara GSI ketujuh yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Bakat Indonesia (BPTI) ) . ) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya mengembangkan bakat-bakat muda sepak bola Indonesia.

Tim ahli Menteri Pengelolaan Bakat sekaligus Penjabat (Plt.) Direktur Jenderal Diklat Vokasi Tatang Muttaqin mengatakan sepak bola merupakan olahraga penting dalam skema besar olahraga nasional. Terkait hal itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapat mandat untuk menyiapkan prabenih talenta-talenta sepak bola.

BACA JUGA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan PPKSP untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman

Nama-nama seluruh peserta juga telah masuk dalam sistem informasi manajemen talenta nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang dapat menjadi wujud prestasi bagi seluruh peserta yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya, kata Tatang Muttaqin. pada peresmian SMP GSI tingkat nasional 2024, di Stadion ASIOP Jakarta. 

Tatang menambahkan, melalui SMP GSI 2024 tingkat nasional, Kemendikbud terus mengidentifikasi dan menyeleksi talenta-talenta muda terbaik yang nantinya bisa didorong untuk tampil di ajang nasional dan internasional. 

BACA JUGA: Kemendikbud dukung AMI Awards 2024 untuk mengapresiasi karya terbaik musisi Tanah Air

Ia berharap seluruh peserta dapat tampil maksimal, menikmati pertandingan dengan penuh semangat sportifitas, dan memupuk semangat persaudaraan untuk mewujudkan sepak bola nasional yang berkualitas. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang Umum BPTI Retno Juni Rochmaningsih menuturkan, penyelenggaraan GSI SMP 2024 tingkat nasional tidak lepas dari dukungan Pusat dan Daerah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Kabupaten/Dinas Pendidikan. Dinas Pendidikan Kota, Provinsi, BBPMP/BPMP, Satuan Pendidikan dan instansi terkait lainnya. 

BACA JUGA: Kemendikbud luncurkan 2 buku panduan penting terbaru untuk pendidikan tinggi

Retno mengatakan, pendaftaran GSI tahun ini mencapai 60.695 siswa SMA yang tersebar di 5.284 sekolah, 273 kabupaten/kota, dan 36 provinsi. 

Terpilih 576 pemain terbaik mewakili 32 tim provinsi dan lolos seleksi GSI mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.  

Mereka akan bertanding mulai dari babak penyisihan grup hingga babak final pada tanggal 13 hingga 26 Oktober 2024 di tiga venue yaitu Stadion ASIOP Jakarta, Lapangan B, dan Lapangan C GBK Senayan Jakarta, ujarnya.

Untuk mendukung ajang sepak bola putri, Retno mengatakan Kemendikbud juga akan memiliki GSI untuk siswi SMA. Acara tersebut diselenggarakan berdasarkan surat rekomendasi PSSI nomor 4535/UDN/2830/IX2024 tanggal 30 September 2024 yang akan diikuti oleh enam provinsi yaitu Kepulauan Bangka Belitung, D.I. Yogyakarta, D.K.I Jakarta, Jawa Barat, Dataran Tinggi Papua dan Sulawesi Selatan.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang berperan dalam menyukseskan penerapan GSI di seluruh level yang dipilih. Kompetisi yang menggembirakan bagi seluruh tim, mengedepankan sportivitas, kerja keras, disiplin, komunikasi, persahabatan, menghargai prestasi dan rasa hormat. tanggung jawab,” katanya.

Selain itu, Asisten Deputi Pusat Pembinaan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Muhammad Azis Ariyanto mengapresiasi ajang GSI SMP 2024 tingkat nasional yang terus berupaya mencari pemain muda sepak bola Indonesia. Kepada seluruh peserta, Azis berpesan agar bertanding secara sportif dan berharap wasit pertandingan mampu memandu pertandingan dengan adil agar pertandingan berjalan lancar.

“GSI SMP tingkat nasional merupakan salah satu kompetisi sepak bola terbesar di Indonesia. Dari ajang ini kita berharap dapat melahirkan atlet-atlet sepak bola yang bisa masuk dalam radar timnas Indonesia dari tingkat junior hingga senior,” kata Azis.

Salah satu pemain asal Papua Barat Daya, Marselino Bernad Ije, merasa bangga bisa berlaga di SMP GSI tingkat nasional dan menjadi kapten tim. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini mengatakan, seluruh pemain Papua Barat Daya siap bertanding dan akan menampilkan permainan terbaiknya di turnamen ini.

“Kami sudah berlatih bersama selama kurang lebih dua bulan, berlatih dengan intensitas tinggi pada pagi dan sore hari. Untuk itu setiap pemain dan seluruh staf pelatih fokus membawa Papua Barat Daya menjadi juara pertama, kata Marselino yang juga siswa kelas IX SMP Negeri Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Selain itu, sikap juara lainnya juga diungkapkan Muhamad Hillel Galuh Arsya, siswa SMP Negeri 6 Sidoarjo, Jawa Timur. Ia dan seluruh pemain Jatim siap tampil maksimal di GSI SMP 2024 tingkat nasional.

Bersama Marselino dan Galuh, Nazzril Arfin Sopian, siswa SMP Negeri 14 Kota Bogor, mengungkapkan kegembiraannya bisa berkompetisi di pertandingan sepak bola tingkat nasional. Menurutnya, kompetisi ini bisa menjadi langkah untuk masuk radar timnas junior. (esy/jpnn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *